-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 20 Januari 2015

PENGERTIAN DAN UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS LENGKAP

Sebelum kita membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis,sebaiknya anda tahu apa pengertian bulu tangkis itu? Bulu tangkis adalah suatu cabang olahraga yang dikategorikan dalam cabang permainan yang bisa dimainkan didalam ruangan maupun diluar lapangan.Permainan dapat dimainkan tunggal,beregu maupun campuran.Peralatan yang digunakan berupa raket,shuttlekok,sepatu dan kostum.Sistem terbaru penilaian angka menggunakan relly point.


Permainan ini dimulai dengan servis yaitu memukul sebuah bola dari petak servis kanan ke petak servis kanan lawan,sehingga jalan bola menyilang.Tiap partai terdiri dari 3 set,jika dalam permainn ini menang berturut selama 2 set disebut menang dengan langsung,sedangkan jika menang dengan satu lawan satu disebut dengan menang set panjang.Untuk masalah lapangan dan net pasti ada ukurannya,setiap cabang olahraga mempunyai ukuran lapangan yang berbeda-beda.Kali ini Olahraga Pedia akan menjelaskan tentang lapangan bulu tangkis lengkap dengan ukurannya.

GAMBAR LAPANGAN BULU TANGKIS

gambar dn ukuran lapangan bulu tangkis

Diatas adalah sebuah gambar lapangan bulu tangkis lengkap dengan ukurannya.

UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS


Lapangan bulu tangkis yang pasti berbentuk persegi panjang dan dibagi dua oleh sebuah net.Lapangan biasanya ditandai dengan garis-garis untuk permainan tunggal dan ganda.Untuk ganda lapangannya lebih lebar tapi dengan panjang yang sama.

Panjang lapangan adalah 44 kaki (13,4 meter)dan lebar 20 kaki (6,1 meter) untuk ganda dan 17 kaki (5,18 meter) untuk tunggal.Wilayah servis ditandai dengan garis yang membagi dua lapangan dan garis yang melintang  sejauh 6 kaki 6 inci (1,98 meter) ddari net.Sedangkan untuk ganda bidang servis dibatasi juga oleh garis dibagian belakang,yag berjarak 2 kaki 6 inci (0,76 meter)dari garis belakang.

Garis-garis lapangan mempunyai tebal ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak.Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada permainan.

Ketinggian net adalah 5 kaki 1 inci (1,55 meter) ditepi dan 5 kaki (1,542 meter) dibagian tengah.Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75mm harus berwarna putih.

Demikianlah pengertian dan ukuran lapangan bulu tangkis yang sudah saya jelaskan secara rinci,jika ada yang masih belum paham bisa ditanyakan melalui comment atau fans page.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih
Sumber : (Buku Mahir Bulu Tangkis,Penulis Hermawan Aksan,Penerbit NUANSA CENDIKIA,2013.)
Sumber gambar (www.insanajisubekti.wordpress.com)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

2 Komentar PENGERTIAN DAN UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS LENGKAP

Back To Top