-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 24 Januari 2015

BELAJAR PUKULAN OVERHEAD CLEAR/LOB BULU TANGKIS

Pukulan overhead clear/pukulan lob pada permainan bulu tangkis memang harus dikuasai dengan baik karena pukulan lob sangat dibutuhkan pada saat anda bermain bulu tangkis.Pukulan ini cukup menguras tenaga karena dilakukan dari belakang agar lawan tidak mudah dalam melakukan serangan.Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob karena pukulan ini banyak kesamaannya dengan tehnik smesh dan dropshot


Pukulan overhead lob dalam pertandingan bulu tangkis dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1.Deep lob/clear
Posisi bolanya tinggi kebelakang

2.Attacking lob/clear
Posisi bolanya tidak terlalu tinggi

Pada saat anda melakukan pukulan Overhead clear/pukulan lob ada hal-hal yang harus diperhatikan agar pukulan yang dihasilkan bisa sempurna.Perhatikan dibawah ini :

1.Pergunakan pegangan forehand,pegang raket dan posisinya disamping bahu

2.Posisi badan menyamping (vertikal dengan arah net.Posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri dan pada saat memukul bola,harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

3.Posisi badan harus diupayakan selalu berada dibelakang bola.

4.Pukul bola seperti gerakan melempar.

5.Pada saat perkenaan bola ,tangan harus lurus .Posisi akhir raket mengikuti arah bola,lalu dilepas ,sedangkan posisi raket jatuh didepan badan.

6.Lecutkan pergelangan raket saat kena bola.

CARA MELATIH PUKULAN OVERHEAD CLEAR/LOB

pukulan overhead clear/lob bulu tangkis

Khususnya bagi para pemula untuk pukulan ini harus banyak dilatih,biasanya para pemula pada saat melakukan pukulan overhead clear/lob tidak sampai kebelakang,hanya mengambang didepan net,maka lawan akan dengan mudah melakukan smash.Selain ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat berlatih overhead clear/lob.

A.Hal-hal yang harus diperhatikan saat latihan pukulan overhead clear/lob


1.Posisi preparation sama dengan overhead biasa

2.Karena biasanya bola berada jauh dibelakang kepala kita,untuk menjangkaunya pertama posisi badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan kebelakang lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada dibelakang kepala sehingga terjadi perpindahan berat badan.

3.Setelah memukul,kaki kiri mendarat lebih dahulu dibagian depan kaki agak berjingkat,posisi badan harus condong kedepan.

Setelah anda memperhatikan hal-hal diatas,sekarang kita tinggal melatihnya dengan baik dan benar.

B.Cara melatih pukulan overhead clear/lob


1.Bagi kalian para pemula yang baru belajar ,sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola.Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh.Untuk mempermudah bisa digunakan hitungan 1.posisi siap,2.ayunkan,3.kemudian dipukul.

2.Sebagai alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas,gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya.

Demikianlah cara belajar pukulan Overhead clear/lob pada permainan bulu tangkis.Semoga dengan informasi diatas bisa membantu anda dalam berlatih pukulan lob dan menghasilkan pukulan yang luar biasa.Olahraga Pedia akan selalu memberikan informasi tentang olahraga.Ikuti terus postingan selanjutnya.Terima kasih

Sumber (Buku mahir bulu tangkis,Penulis Hermawan Aksan,Penerbit Nuansa Cendikia,Bnadung)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar BELAJAR PUKULAN OVERHEAD CLEAR/LOB BULU TANGKIS

Posting Komentar

Back To Top