-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 12 Agustus 2015

KRITERIA PERATURAN PERLENGKAPAN PERMAINAN TENIS MEJA

Olahraga Pedia Apakah Peraturan Perlengkapan Untuk Permaianan Tenis Meja ? Dalam cabang olahraga apapun pasti mempunyai peralatan dan peraturan dalam permainan.Khususnya Tenis meja mempunyai beberapa perlengkapan seperti lapangan (meja),Rakitan net,Bola ,Raket (Bet).Untuk perlengkapan permainan tenis meja bukan hanya asal tapi ada beberapa kriteria yang
harus diperhatikan.Selain peraturan perlengkapan ada juga peraturan dan ketentuan dalam permainan tenis meja.Untuk memperjelas agar lebih detail mari kita simak ulasan berikut ini :

KRITERIA PERATURAN PERLENGKAPAN PERMAINAN TENIS MEJA

PERATURAN PERLENGKAPAN DALAM PERMAINAN TENIS MEJA (PINGPONG)

A.Lapangan (Meja)


1.Permukaan paling atas dari meja dikenal sebagai permukaan main (palying surface) harus berbentuk segiempat,dengan panjang 2,74 m dan lebar 1,525 m,dan harus diletakkan datar setinggi 76 cm dari lantai

2.Permukaan main harus bukan bagian tambahan yang menempel vertikal di pinggir atas meja

3.Permukaan main boleh terbuat dari sembarang bahan (material) dan harus menghasilkan pantulan merata yaitu sekitar 23 cm bila sebuah bola satndar dijatuhkan ke meja tersebut dari ketinggian 20 cm

4.Permukaan main harus merata berwarna gelap dan kasat/tidak silau (matt),namun berwarna putih untuk garis pinggir (side line) lebar 2 cm sepanjang 2,7 m tiap sisi meja dan 2 cm selebar 1,525 m tiap ujung meja.

5.Permukaan main harus dibagi menjadi 2 bagian meja (court) yang sama melalui sebuah jaring (net) yang dipasang tegak (vertikal)dan dipasang sejajar (pararel) dengan kedua garis akhir (end line) dan harus mencapai bagian kosong di pinggir kedua sisi meja.

6.Dalam permainan double,tia bagian meja harus dibagi lagi menjadi setengah bagian sama yang dibatasi oleh garis tengah berwarna putih selebar 3 mm,pararel dengan kedua garis pinggir meja,garis tengah harus dianggap sebagai bagian penuh dari masing-masing setengah bagian meja.

B.Rakitan (Net)


1.Rakitan net (net assembly) harus terdiri dari jaring net,gantungan jaring (suspension) dan tiang penopang (supporting posts),temasuk penjepit-penjepit (clamps) yang diletakkan ke meja.

2.Jaring net harus digantung regang(suspended) dengan batang (coord)di setiap ujungnya yang dilekatkan tegak lurus bersama penyangga (post) setinggi 1525 cm,batas ukuran tiang luar penyangga berjarak 15,25 cm dari luar garis tepi (side-line)

3.Bagian atas (top) sepanjang jaring (net) harus setinggi 15,25 cm berada di atas permukaan main

4.Bagian bawah (bottom ) sepanjang jaring (net) harus serendah mungkin dengan permukaan main dan bagian kedua ujung jaring (net) harus serapat mungkin dengan tiang penyangga.

C.Bola


1.Bola harus berbentuk bulat berongga dengan diameter 40 mm

2.Bola harus memiliki berat 2,7 gr.

3.Bola harus terbuat dari bahan celluloid ataupun bahan plastik serupa dan harus putih atau orange dan kasat/tidak licin mengkilap (matt)

D.Raket (Bet)


1.Raket boleh sembarang ukuran,bentuk,atau berat tetapi blade harus datar (flat) dan kaku (rigid)

2.Sekurang-kurangnya 85% dari ketebalan blade harus terbuat dari kayu alam (natural wood),sebarang lapisan-lapisan tambahan (adhesive layer) boleh ditambahkan sebagai penguat di dalam blade dengan bahan berserat (fibrous material) seperti serat carbon (carbon fibre) serat kaca (glass fibre) atau kertas yang dimampatkan (compressed paper) tapi tidak boleh lebih tebal dari 7,5% dari total ketebalan atau kira-kira 0,35 mm,atau bahkan lebih tipis lagi.

3.Sisis blade yang digunakan untuk memukul bola harus dilapisi baik dengan karet berbintik teratur (ordinary pimpled rubber),berupa bintik keluar (pimped outwards ) dengan total ketebalan termasuk lem tidak lebih dari 2 mm.

4.Karet bintik teratur (ordinary pimple rubber) adalah lapisan tunggal dari karet non-cellular,baik alami atau sintetis (buatan) dengan bintik tersusun datar diseluruh permukaan lapisan dengan kerapatan tidak kurang dari 10 biji per cm persegi dan tidak lebih dari 30 biji per cm persegi.

5.Karet lapis (sandwich Rubber) adalah lapisan tunggal dari karet cellular (spoon) dilapisi dengan lapisan luar tunggal (top sheet) dari karet bintik teratur,dengan ketebalan karet bintik teratur tidak lebih dari 2 mm.

6,.Bahan karet yang menutupi Blade harus tidak melebihi bagian tepi blade kecuali pada bagian yang dekat dengan pegangan (handle) dan bagian yang ditekan jari (grip) boleh dibiarkan tak ditutup atau ditutup dengan sembarang material.

7.Blade,sembarang lapisan di dalamnya dan sembarang lapisan yang menutupinya atau lapisan lem pada sisi yang digunakan untuk memukul bola harus tidak boleh terdapat sambungan dan harus dengan tebal yang merata.

8.Permukaan yang ditutupi karet pada satu sisi blade atau sisi lain blade yang dibiarkan tak ditutupi harus kasat/tidak mengkilap (matt) merah terang (bright red) pada satu sisi dan hitam (black) pada sisi lainnya.

9.Terjadi kerusakan yan menyimpang dari aturan baik pada permukaan lapisan atau terdapat bagian dengan pasangan warna cacat karena kecelakaan yang terjadi secara kebetulan atau pemakaian dapat diijinkan selama itu tidak secara signifikan merubah karakteristik permukaaan raket.

10.Di awal suatu pertandingan dan kapan saja seseorang mengganti raketnya selama pertandingan itu,pemain itu harus memperlihatkan ke lawannya dan wasit,raket yang akan dipakainya dan harus membiarkan mereka mempelajarinya.

Demikianlah Peraturan Perlengkapan yang digunakan Untuk Bermain Tenis Meja (Ping Pong).Setelah mengetahui kriteria –kriteria perlengkapan diatas bisa menjadi gambaran buat anda.Mungkin ada dari kawan semua yang menjadi atlit ataupun wasit tenis meja.Mungkin artikel diatas sedikit besar bisa bermanfaat buat kawan semua.Teerima kasih
Sumber : Buku Permainan Tenis Meja ) Karangan (Dian Budiana M.Pd.,dan Yusup Hidaya,S.Pd.,M.Si.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar KRITERIA PERATURAN PERLENGKAPAN PERMAINAN TENIS MEJA

Posting Komentar

Back To Top