-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 01 Maret 2017

7 Cara Melatih Kekuatan Jari Untuk Tosser/Setter Bola Voli

Olahraga Pedia7 Cara Melatih Kekuatan Jari Untuk Tosser/Setter Bola Voli - Tosser atau Setter adalah salah satu posisi pemain yang memegang kunci permainan dalam sebuah tim bola voli.Seorang tosser atau setter dituntun untuk bisa membaca situasi permainan lawan,pergerakan lawan,dan bisa menempatkan bola dengan baik untuk melakukan serangan.Untuk menjadi seorang toser diperlukan konsentrasi yang tinggi,selain itu juga diperlukan skill yang mumpuni.Hampir seorang tosser mengumpan bola dengan passing atas.Hal ini tentu sangat berhubungan erat dengan kekuatan jari-jari Anda.

Dalam permainan bola voli,datangnya bola pasti tdak selalu mulus seperti yang Anda inginkan.Untuk itu diperlukan adanya stamina yang bagus untuk berlari kesana kemari.Seorang tosser diwajibkan bisa mengumpan bola dalam keadaan sulit sekalipun.Untuk itu diperlukan kekuatan jari,lengan yang mutlak harus Anda kuasai.Jika jari-jari dan lengan Anda cukup kuat pasti umpan Anda akan melayang dengan baik dan tenang.

Tips Melatih Kekuatan Jari Untuk Setter/Tosser Bola Voli


1.Berlatihlah menggunakan bola basket untuk memberian beban lebih kepada otot-otot jari.Lakukan setter ke atas kepala di mulai dari bola rendah sampai tinggi.Lakukanlah 2-4 set dengan jumlah 20 kali per set Nya.Apabila dirasa sudah mantap,Anda bisa menambahkan lagi rasio setnya hingga 10 kali .

2.Di pagi hari setelah bangun tidur ,lakukan setter sambil tiduran sebanyak yang kamu bisa sebanyak yang kamu mampu.Lakukanlah secara bertahap,dan tambahkan jumalh setnya juga sudah kamu anggap mampu.

3.Lakukan tosser dengan memantulkan ola ke tembok.Pertama-tama lakukanlah secara perlahan,yang tepenting anda bisa memantulkan dengan posisi seperti passting atas.Lakukanlah lurus,ke atas mengena tembok.Kalau dirasa sudah bisa lakukan dengan cepat.

4.Lakukanlah push –up dengan jari-jari sekuat yang kalian mampu.Jangan dipaksakan.Latihlah secara bertahap.

5.Lakukanlah pull up.Pull up juga bisa melatih otot lengan,selain itu jari-jari Anda juga akan bertambah kuat.

6.Ajaklah teman untuk berlatih,suruh teman melemparkan bola dari dekat net,jauh dari net,bola sulit samapi harus mensetter bola dengan posisi duduk.Lakukan secara rutin dan bertahap.

7.Lakukanlah passing atas secara berulang-ulang,namun posisi bola harus tegak lurus ke ataas.Lakukan sampai bola dalam posisi tenang saat melambung ke atas.

Lakukanlah cara-cara di atas secara rutin dan sungguh-sungguh.Lihat perkembangannya setelah Anda berlatih kurang lebih 2 – 3 bulan.Skill tosser Anda akan meningkatkan secara drastis.

Demikianlah sedikit tips untuk melatih jari-jari dan lengan bagi seorang tosser.Latihan otodidak diatas jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan berbuah manis.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 7 Cara Melatih Kekuatan Jari Untuk Tosser/Setter Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top