-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 31 Mei 2017

5 Jenis Tehnik Dasar dalam Permainan Softball Lengkap dengan Gambar dan Cara Melakukannya

Olahraga Pedia – Apa seh pengertian Softball ? Softball adalah sebuah permainan yang hampir mirip dengan permainan kasti ,yakni olahraga permainan beregu yang terdiri dari 2 tim untuk saling bertanding.Olahraga ini tercipta karena adanya perkembangan dari olahraga yang sejenis yaitu olahraga hardball dan baseball.

Dalam sebuah permainan setiap para pemain diwajibkan untuk menguasai tehnik-tehnik dasar,tak terkecuali dalam permainan softball.Jika Anda tidak bisa menguasai tehnik dasar ,tentu permainan Anda akan terlihat amburadul.Tehnik dasar tersebut meliputi memegang bola,melempar bola,menangkap bola,memegang stick dan memukul bola.Agar kawan-kawan bisa memahaminya dengan baik,Olahraga Pedia akan menguraikan secara lengkap tentang tehnik dasar dalam permainan softball.Perhatikan dibawah ini :

A.Tehnik dasar dalam memegang bola

 


Dalam permainan softball,tehnik dasar dalam memegang bola ada 3 macam yaitu memegang bola dengan empat jari,dua jari dan tiga jari.Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di atas.

1.Tehnik memegang bola dengan 2 jari

Teknik memegang bola 2 jari cocok untuk pemain yang memiliki tangan besar atau jari-jari yang panjang. Teknik atau cara ini yaitu menempatkan jari telunjuk, jari tengah di bagian atas bola, kemudian disangga dengan ketiga jari lainnya di bagian bawah bola.

2.Tehnik memegang bola dengan 3 jari

Teknik memegang bola dengan 3 jari adalah teknik yang dilakukan pemain yang memiliki tangan kecil atau jarinya pendek. Teknik atau cara ini yaitu menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas kemudian jari kelingking dan ibu jari berada di bagian bawahnya.

3.Tehnik memegang bola dengan 4 jari

Teknik ini memegang bola dengan 4 jari merupakan teknik yang sebaiknya untuk pemula dan yang memiliki jari-jari yang pendek. Cara melakukannya yaitu dengan kelima bagian jari tangan berada pada sekeliling bola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi satu genggaman. Teknik pegangan ini biasanya digunakan untuk anak-anak, pemain pemula atau pemain yang jarinya pendek.

B.Tehnik dasar dalam memegang stik/kayu pemukul (bat) softball

 


Pada saat memegang pemukul baseball yang perlu diperhatikan adalah, pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah. untuk macam-macam teknik memegang kayu pemukul dalam permaianan softbal dibagi menjadi tiga yaitu pegangan bawah, tengah, dan atas.Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.

C.Tehnik dasar memukul bola softball

 


Dalam permainan softball dikenal dengan 2 macam pukulan yaitu :

1.Pukulan tumbuk (bunt)

Pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Sikap kedua kaki pada waktu bunt cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.

2.Pukulan swing

Posisi awal, berdiri dengan kedua kaki dijarangkan.

Posisi kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher.

Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan.

Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu.
Posisi lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.

Sikap saat memukul, Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher.

Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

Untuk posisi sikap akhir, Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

D.Tehnik dasar dalam melempar bola softball

 


Dalam permainan sofball tehnik melempar bola dibagi menjadi 3 bagian yaitu,lemparan samping,lemparan bawah dan lemparan atas.Lihat pada gambar di atas dan uraiannya dibawah ini :

1.Lemparan bawah (underhand throw)

Lemparan bawah ini biasanya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk. Biasanya lemparan ini dilakukan dengan cepat dan dalam jarak dekat untuk dapat mematikan lawan dengan segera. Oleh karena itu, lemparannya tidak terlalu kuat. Jalannya bola juga lambat, tetapi tepat pada sasaran.

2.Lemparan samping (sidehand throw)

Pada waktu melakukan lemparan ini posisi lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan. Lemparan ini biasa digunakan dalam jarak pendek dan memerlukan waktu yang cepat. Jalannya bola lurus dan lebih cepat.

3.Lemparan atas (overhand throw)

Pada saat melakukan lemparan atas , ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang. Lemparan atas dilakukan dengan gerakan ayunan lengan ke atas melewati garis horizontal pada persendian bahu.

E.Tehnik dasar dalam menangkap bola softball

 


Teknik menangkap bola dalam permaianan softball dibagi menjadi 3 macam berdasarkan arah datangnya bola yakni Bola datar (straight ball), Bola lambung, dan Bola menggelinding (ground ball) untuk lebih jelasnya,simak urian dibawah ini :

1.Bola menggelinding (ground ball)

Cara melakukannya, bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola. Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melemparkan bola.

2.Bola lambung’

Caranya yaitu dengan posisi badan ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

3.Bola datar (straight ball)

Caranya, posisi badan berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri, dan tangan kanan siap melempar bola.

Demikianlah 5 Tehnik dasar dalam permainan softball meliputi,tehnik melempar bola,tehnik menangkap,tehnik memukul,tehnik memegang stick atau tongkat pemukul dan memegang bola softball.Untuk menjadi pemain softball yang hebat salah satu elemen yang harus Anda kuasai adalah tehnik dasar di atas.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 5 Jenis Tehnik Dasar dalam Permainan Softball Lengkap dengan Gambar dan Cara Melakukannya

Posting Komentar

Back To Top