-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Jumat, 23 Januari 2015

CARA MELAKUKAN SERVIS BACKHAND DAN FOREHAND

 Melakukan servis backhand dan forehand dalam permainan bulu tangkis bukan hanya sekedar melakukan servis.Semua itu ada cara dan melatihnya,perlu anda ketahui dalam permainan bulu tangkis servis merupakan modal awal untuk meraih point.Kalau anda melakukannya dengan benar maka lawan akan sulit mengembalikannya dan pasti point ditangan anda tapi sebaliknya kalau melakukan dengan asal-asalan maka lawan akan dengan mudah mengembalikannya.


Banyak pelatih dan pemain tidak memperhatikan hal ini.Dalam permainan bulu tangkis servis dibagi menjadi 3 jenis yaitu servis pendek,servis tinggi,dan flick atau servis tengah tinggi.Namun biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis backhand dan servis forehand.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan cara melakukan servis backhand dan forehand dalam permainan bulu tangkis.

CARA MELAKUKAN SERVIS BACKHAND DAN FOREHAND

servis forehand

Servis forehand dalam permainan bulu tangkis dibagi menjadi 2 bagian yaitu servis forehand pendek dan servis forehand tinggi,dibawah ini adalah penjelasan dari servis forehand :

A.)Servis Forehand Pendek

1.Tujuan dari servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan.Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan.

2.Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis

3.Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek

4.Pada saat perkenaan dengan kepala raket dan kok,siku dalam keadaan bengkok,untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan,dan perhatikan peralihan titik berat badan anda.

5.Cara melatihnya adalah dengan menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.

B.)Servis Forehand Tinggi

1.Jenis servis ini digunakan terutama dalam permainan tunggal

2.Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus dibagian belakang garis lapangan lawan.

3.Saat memukul kok kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.

4.Perhatikan gerakan ayuanan raket kebelakang,kedepan dan setelah melakukan pukulan harus dilakukan dengan sempurna.Serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki kebelakang kaki depan yang harus berlangsung kontinue dan harmonis.

5.Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok

6.Hanya denga berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah,kita dapat menguasai tehnik servis forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

B.)Servis Backhand
servis backhand

Pada umumnya servis ini arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan.Kok juga sedapat mungkin melayang relatif dekat diatas jaring net.Oleh karena itu jenis servis ini sering dilakukan oleh pemain ganda.

1.Sikap berdiri adalah kaki kanan didepan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah kesasaran yang diinginkan.Kedua kaki terbuka selebar pinggul,lutut dibengkokkan sehingga dengan sikap seperti ini,titik berat badan berada diantara kedua kaki.Jangan lupa,sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.

2.Ayunan raket relatif pendek sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang kekaki depan.Dengan irama gerak kontinue dan harmonis.Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.

3.Sebelum melakukan servis perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai dengan perkiraan.

4.Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dengan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan servis ini dengan utuh baik dan sempurna.

Demikianlah cara melakukan servis Backhand dan Forehand dalam permainan Bulu tangkis.Semoga penjelasan diatas dapat memberikan inspirasi buat anda dalam melakukan sebuah servis.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih

Sumber (Buku Mahir Bulu Tangkis,Penulis Hermawan Aksan,Penerbit NUANSA CENDIKIA)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar CARA MELAKUKAN SERVIS BACKHAND DAN FOREHAND

Posting Komentar

Back To Top