-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 18 Oktober 2016

Macam-macam Peraturan Dalam Permainan Billiar Bola 8 (8 Ball)

Olahraga Pedia – Apakah anda suka bermain billiard ? Terutama jenis permainan billiard bola 8 (8ball). Permainan biilliard memang jenisnya ada beberapa macam seperti permainan billiard bola 8,bola 9,bola 15 dll.Setiap jenis permainan tentu cara memainkan dan peraturannya berbeda.Peraturan dibuat dengan tujuan agar permainan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kecurangan.

Mungkin bagi anda para pemula masih binggung tentang permainan bola 8.Bahkan mungkin ada yang belum pernah melihatnya,apalagi memainkannya.Sebelum kita melangkah lebih jauh cara bermain billiard bola 8 (8 ball),sebaiknya kita bahas terlebih dahulu Peraturan-peraturan Dalam Permainan Billiard Bola 8 (8 ball).

1.Dimainkan secara double , 2 lawan 2

2.Bola billard dibagi menjadi 2 bagian yaitu 1 – 7 (bola solid)  dan 9 – 15 (bola stripes).Bola nomor delapan adalah bola yang dimasukkan terakhir.

3.Setelah  break dilakukan oleh salah satu pemain, jika ada bola yang masuk maka tim yang melakukan break boleh menembak bola lagi. Jika tidak, maka tim lawan yang menembak. Bola yang masuk saat break tidak dihitung (pemain harus memilih bola mana yang akan dimasukkan).

4.Pemain yang menembak setelah break, bisa memilih bola solid/stripes, dengan cara memasukkan bola solid/stripes. Misalnya, jika dia memasukkan bola 1 maka untuk selanjutnya dia harus memasukkan bola 2-7. Jika dia memasukan bola 10, maka selanjutnya dia harus memasukkan bola 9-15. Apabila bola stripe dan solid masuk bersamaan, maka pemain masih bebas memilih bola mana yang akan dimasukkan.

5.Apabila bola-8 masuk / keluar meja  pada saat break, pemain dapat memilih antara mengulang kembali break (bola ditata ulang), atau menaruh bola 8 pada foot spot dan melanjutkan permainan.

Pemain Dinyatakan Pelanggaran (Foul)

1.Sudah memukul bola 8 padahal bolanya belum habis

2.Bola yang dipukul bukan bola miliknya

3.Bola putih atau bola lainnya keluar dari meja

4.Saat bola sasaran dipukul ,tidak ada yang menyentuh ban (chusion)

5.Bola putih masuk lubang

6.Bagian tubuh pemain menyentuh bola yang ada dimeja permainan

7.Bila cue stick menyentuh cue ball lebih dari sekali dalam satu kesempatan memukul

8.Memukul bola ketika bola lain masih ada yang bergerak

9.Setelah terjadi pelanggaran ,maka tim lawan berhak mendapatkan freeball

10.Apabila pemain secara tidak sengaja memasukkan bola yang bukan miliknya (bola lawan) maka saat itu juga ganti giliran (posisi bola putih tidak berubah).

11.Apabila pemain yang sedang memukul memasukan bola dan bola lawan juga masuk , maka pemain tersebut mendapat giliran memukul lagi.

Jika Pemain Dinyatakan Kalah


1.Pemain yang secara disengaja maupun tidak memasukkan bola 8 sebelum bola-bolanya habis,maka diangap kalah

2.Setelah memasukkan seluruh bola ,maka bola 8 delapan harus dimasukkan kedalam salah satu lubang yang ada.Pemain akan menembak bola 8,harus memilih salah satu lubang tersebut.Jika bola 8 masuk kedalam lubang yang salah maka pemain dianggap kalah.

Jika Pemain Dinyatakan Memenangkan Pertandingan


1.Pemain lawan memasukkan bola 8 padahal bolanya belum habis.

2.Pemain lawan memasukkan bola 8 ke lubang yang salah.

3.Pemain lawan melakukan foul pada saat memasukkan bola 8 (contoh : ketika menembak bola 8,masuk, tapi bola putih juga masuk lubang, maka tim lawannya dinyatakan menang).

4.Pemain lawan menembak dan mengakibatkan keluarnya bola 8 dari meja.

5.Memasukkan bola 8 pada lubang yang ditunjukkannya setelah seluruh bolanya habis.

Demikianlah Beberapa Peraturan yang Ada Dalam Permainan Bola Billiard Bola 8 (8 ball).Apabila peraturan diatas ada kurang anda bisa menambahkannya dalam kolom komentar.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Macam-macam Peraturan Dalam Permainan Billiar Bola 8 (8 Ball)

Posting Komentar

Back To Top