-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 18 Oktober 2016

Tujuan dan Peraturan Permainan Billiard Bola 9 (9Ball)

Olahraga Pedia Tujuan dan Peraturan Permainan Billiard Bola 9 (9Ball) - Apakah anda salah satu penggemar billiard ? Kalau iya biasanya bermain billiard bola 8 apa bola 9 ? Pada umumnya permainan billard yang banyak dimainkan adalah jenis permainan billiad bola 9.Mungkin anda yang masih pemula bingung dalam permainan ini.Setiap cabang olahraga permainan pasti ada aturan-aturan yang mengaturnya,agar permainan bisa berjalan dengan baik tak terkecuali pada permainan billiard bola 9.Sebelum kita membahas peraturan tersebut kemarin admin sudah memberikan peraturan permainan billiard bola 8 (8ball).

Bola yang digunakan dalam permainan bola 9 adalah bola yang bernomor 1 – 9 ditambah bola yang berwarna putih yang digunakan untuk cue ball.Bagi anda yang suka degan permaina jenis ini,alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu peraturan-peraturan yang ada dalam permainan billiard bola 9 (9 ball).

Tujuan Permainan Permainan

Tujuan dalam permainan ini diharapkan agar memasukkan bola secara berturut-turut darinomor 1 sampai nomor 9.Untuk memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung,yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada diatas meja,atau mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

Pemain Dinyatakan Melakukan Pelanggaran 


1.Bagian tubuh maupun pakaian pemain menyentuh bola yang ada didalam meja permainan.
2.Bola putih tidak menyentuh bola sasaran saat dipukul.
3.Saat bola sasaran dipukul, tidak ada bola yang menyentuh ban (cushion)
4.Menaruh atau meninggalkan stik di atas meja
5.Bola yang dipukul bukan merupakan bola paling kecil yang ada di meja.
6.Bola putih atau bola berwarna melompat dan keluar dari meja permainan.
7.Bola putih masuk ke dalam kantung meja.

Pemain Melakukan Pelanggaran 3 x Berturut-turut


Jika ada pemain yang melakukan pelanggaran 3 x berturut-turut dalam satu game ,maka dinyatakan kalah pada game tersebut .Wasit harus memberikan peringatan kepada pemain yang telah melakukan pelanggaran 2 x berturut-turut.

Beberapa Ketentuan Setelah Melakukan Pelanggaran


1. bola bernomor keluar dari meja, maupun masuk kedalam lubang karena pelanggaran, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke atas meja pada titik Foot Spot.

2.Bola bernomor 9 dikembalikan ke atas meja pada titik footspot apabila keluar dari meja, maupun masuk ke dalam lubang karena pelanggaran. Apabila ada bola lain yang berada pada titik Foot Spot, maka bola bernomor 9 ditempatkan pada Long String terdekat dengan titik Foot Spot.

3.Pemain berikutnya memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimana saja di dalam meja permainan (free ball).

Ketentuan-ketentuan Push Out

1.Dalam melakukan Push Out, pemain bebas memukul bola putih kearah mana saja, dan tidak dianggap FOUL.

2.Setelah Push Out dilakukan, pemain lawan dapat memilih untuk menerima dan melakukan pukulan atau menyerahkan kembali ke pada pemain yang melakukan push out untuk memukul selanjutnya.

3.Push Out hanya dilakukan 1 kali dalam permainan, yaitu setelah lawan melakukan Break.

4.Sebelum melakukan Push Out, pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit. Apabila pemain tidak memberitahukan kepada lawan maupun wasit, maka pukulan yang dilakukan dianggap pelanggaran.

Jika Pemain Dinyatakan Sebagai Pemenang


1.Pemain lawan melakukan pelanggaran 3 kali berturut-turut

2.Untuk memasukkan bola nomor 9 ke dalam lubang meja secara sah

Demikianlah Peraturan-peraturan dalam permainan billiard bola 9 (9ball).Peraturan harus ditaati agar anda tidak mendapatkan peringatan dari wasit,terlebih lagi anda dinyatakan kalah akibat pelanggaran yang anda buat.Tentu hal ini akan membuat anda rugi karena memberikan kemenangan secara Cuma-Cuma kepada lawan.Jika anda msih bingung dengan istilah foot spot dan push out akan saya jelaskan.Foot spot adalahtitik-titik disamping meja billiard yang menandakan posisi kaki dari meja billiard.Sedangkan Push out adalah jika setelah lawan melakukan break dan ternyata tidak ada bola bernomor yang masuk dan bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak terlihat atau tidak bisa dipukul secara biasa,maka dapat melakukan push out.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Tujuan dan Peraturan Permainan Billiard Bola 9 (9Ball)

Posting Komentar

Back To Top