-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 07 Maret 2015

TIPS KESELAMATAN dan PERALATAN RENANG

Tips Keselamatan dan Peralatan Renang – Dalam olahraga renang ada aturan-aturan dan keselamatan yang penting bagi kesehatan anda dan peralatan- peralatan yang berguna untuk latihan.Pada umumnya , perenang yang baik lebih aman daripada orang yang tidak bisa berenang.Meskipun begitu bukan berarti seorang perenang tidak dapat tenggelam bahkan perenang terbaik sekalipun akan menghadapi situasi di mana dirinya cidera atau sangat lelah sehingga dapat tenggelam.


Ketakutan yang berlebihan didalam air tidak ada gunanya ,tetapi rasa segan terhadap hukum-hukum fisik yang mengatur air tersebut sangat dianjurkan.Hati-hati merupakan kunci dari keselamatan.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan Tips Keselamatan dan Peralatan Renang yang harus diperhatikan dalam olahraga air.Yuk kita simak bersama-sama.

TIPS KESELAMATAN RENANG


1.Jangan berenang sendirian.Berenanglah selalu bersama seseorang yang dapat memberikan atau meminta pertolongan dalam keadaan darurat,misalnya kaki tiba-tiba kram.

2.Kenalilah daerah-daerah dimana anda akan melakukan aktifitas berenang.Keteahui secara pati daerah mana yang dangkal dan mana yang dalam,dan kenali bahaya-bahaya tersembunyi yang tidak terlihat dari atas permukaan air.Pelajari mengenai arus air,pusaran air,gelombang air dan tempat yang airnya sedikit dari daerah tersebut.

3.Jangan mengunyah permen karet sewaktu berenang.Pola pernafasan dalam renang memerlukan kerongkongan dan mulut yang kosong.

4.Jangan terlalu menyombonkan kemampuan atau ketahanan tubuh anda.Jangan beranggapan bahwa ketahan tubuh anda tetap sama di awal dan di akhir kegiatan renang.Mulailah dengan santai.

5.Jangan langsung berenang setelah makan besar,tunggu setidaknya selama 30 menit setelah anda makan ringan dan tunggu lebih lama setelah makan berat.

6.Dalam melakukan terjun harus selalu berhati-hati dan jangan terjun ke dalam air yang kedlamannya kurang dari 5 kaki.

7.Jangan berlarian,dorong-dorongan atau bermain kuda-kudaan ditepi kolam.Daerah pelataran kolam biasanya basah dan licin. Semua itu dapat menyebabkan kecelakan terjadi tanpa dugaan.

MACAM-MACAM PERALATAN RENANG


macam-macam peralatan renang

Dalam melakukan latihan renang memang harus dibantu dengan alat-alat untuk memudahkan dalam proses latihan,peralatan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

1.Papan Pelampung

2.Sabuk Pelampung

3.Pelampung Kaki

4.Masker

5.Snorkel

6.Kacamata Renang

7.Penjepit Hidung

8.Sepatu Katak dan kaus kaki atau sepatu boot

9.Stopwatch atau penghitung waktu

10.Tali lentur atau selang operasi

Demikianlah Tips Keselamatan dan Peralatan Renang.Untuk tips keselamatan yang saya tulis di atas untuk ditaati untuk menjaga keselamatan anda saat melakukan aktifitas renang sedangkan peralatan untuk membantu anda pada saat melakukan latihan renang.Semoga bermanfaat.Terima Kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar TIPS KESELAMATAN dan PERALATAN RENANG

Posting Komentar

Back To Top