-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 02 April 2015

TEHNIK MENGOPER DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Tehnik Mengoper Dalam Permainan Sepak Bola – Sepak bola merupakan permainan beregu,walaupun keahlian individual dapat digunakan untuk saat tertentu.Tim sepak bola terdiri dari 10 pemain lapangan dan satu kiper.Pernahkah anda melihat pertandingan sepak bola ? Pasti anda melihat para pemain sedang mengoper bola antar sesama team.Ketepatan,langkah,dan waktu pelepasan bola merupakan bagian yang terpenting dari kombinasi pengoperan bola yang
berhasil.Anda harus mampu mengoper dengan baik kepada rekan anda.

OPERAN INSTEP

Ketrampilan mengoper yang tidak baik akan mengakibatkan lepasnya bola dan akan mudah direbut oleh lawan anda selain itu membuang-buang banyak kesempatan untuk menciptakan gol.Di dalam sepak bola terdapat tiga tehnik dasar untuk mengoper bola diatas permukaan lapangan yaitu Inside of the foot,outside of the food,operan instep.Olahraga Pedia akan menjelaskan 3 tehnik dasar operan dalam sepak bola.

3 TEHNIK DASAR MENGOPER DALAM SEPAK BOLA

operan outside of the foot
operan outside of the food

1.OPERAN INSIDE OF THE FOOT



Keterampilan pengoperan bola yang paling dasar dan harus anda kuasai terlebih dahulu  biasanya disebut dengan push pass  (operan dorong) karena bagian samping dalam kaki mendorong bola.Tehnik pengoperan ini digunakan untuk menggerakkan  bola sejauh 5 hingga 15 yard.

A.)Persiapan

*) Berdiri mengahdap target dan letakkan kaki yang menahan keseimbangan di samping bola kemudian arahkan kaki ke target.

*)Bahu dan pinggul lurus dengan target kemudian tekukkan sedikit lutut kaki,ayunkan kaki yang akan menendang ke belakang

*)Tempatkan kaki dalam posisi menyamping,tangan direntangkan untuk menjaga keseimbangan dan posisi kepala tidak bergerak fokuskan perhatian pada bola.

B.)Pelaksanaan

*)Tubuh berada di atas bola kemudian ayunkan kaki yang akan menendang kedepan

*)Jaga kaki agar tetap lurus,tendang bagian tengah bola dengan bagian samping dalam kaki

C.)Follow Through

*)Pindahkan berat badan ke depn kemudian lanjutkan gerakkan searah dengan bola dan gerakkan akhir berlangsung dengan mulus.

2.OPERAN OUTSIDE OF THE FOOT


Gunakan tehnik outside of the food untuk menggerakkan bola pada jarak pendek atau menengah.Letakkan kaki yang menahan keseimbangan sedikit di samping belakang bola.Julurkan kaki yang akan menendang kebawah dan putar sedikit ke arah dalam.Untuk menggerakkan bola sejauh 5 hingga 10 yard gunakan gerakan menendang yang pendek dan seperti menyentak pada kaki anda.Untuk kunci keberhasilan melakukan operan Outside of the food,perhatikan di bawah ini :
A.)Persiapan

*)Letakkan kaki yang menahan keseimbangan sedikit di samping belakang bola ,arahkan kaki ke depan ,tekukkan lutut kaki dan ayunkan kaki yang akan menendang ke belakang di belakang kaki yang menahan keseimbangan

*)Luruskan kaki ke arah bawah dan putar ke arah dalam,rentangkan tangn untukk menjaga keseimbangan

*)Kepala tidak bergerak,fokuskan perhatian pada bola

B.)Pelaksanaan

*)Tundukkan kepala dan tubuh di atas bola ,sentakkan kaki yang akan menendang ke depan ,kaki tetap lurus

*)Tendangkan bola dengan bagian samping luar instep,tendang pada pertengahan bola ke bawah

C.) Follow Through

*) Pindahkan berat badan ke depan dan gunakan gerakan menendang terbalik kemudian sempurnakan gerakan akhir dari kaki yang menendang.

3.) OPERAN INSTEP


Gunakanlah operan bola Instep untuk menggerakkan bola pada jarak 25 yard atau lebih.Kura –kura kaki adalah bagian dari kaki yang menutupi dengan tali sepatu menyediakan permukaan yang keras dan rata untuk menendang bola.Untuk kunci keberhasilan melakukan operan Instep perhatiak di bawah ini :

A)Persiapan

*) Dekati bola dari belakang pada sudut yang tipis,letakkan kai yang menahan keseimbangan di samping bola,arahkan kaki ke target dan tekukkan lutut kaki

*)Bahu dan pinggul lurus dengan terget kemudian tarik kaki yang akan menendang kebelakang,bagian kura-kura kaki diluruskan dan dikuatkan

*)Lutut kaki berada di atas bola ,rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan,kepala tidak bergerak dan fokuskan perhatian pada bola.

B.)Pelaksanaan

*)Pindahkan berat badan ke depan dan kaki yang akan menendang disentakkan dengan kuat kemudian posisi kai tetap lurus

*)Tendang bagian tengah bola dengan bagian kura-kura kaki

C.)Follow Through

*) Lanjutkan gerakan searah dengan bola,berat badan pada kaki yang menahan keseimbangan dan gerakkan akhir kaki sejajar dengan dada.

Demikianlah Gerakan Tehnik Dasar Mengoper Dalam Permainan Sepak Bola.Untuk berlatih olahraga apapun anda harus menguasai dasarnya dulu.Khususnya sepak bola tehnik dasar mengoper harus anda mengerti dan dipahami karena ini bagian penting dalam permainan.Semoga Bermanfaat
Sumber (Buku Sepak Bola:Langkah-langkah Menuju Sukses,Joseph A. Luxbacher,diterjemahkan oleh buku asinya steps to sucess oleh Agus Wibawa,Hak terjemahan dan hak penerbit Edisi Indonesia pada PT Raja Grafindo Persada,Jakarta,Cetakan ke -6 September 2012.)

Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar TEHNIK MENGOPER DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Posting Komentar

Back To Top