-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 27 Mei 2017

Ukuran Resmi Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangannya

Olahraga Pedia Ukuran Resmi Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangannya - Apa itu olahraga Softball ? Sofbol atau yang lebih dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim.Permainan ini pertama kalinya lahir di Amerika Serikat ,dan diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago tepatnya pada tahun 1887.Sofbol sendiri merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 cm,bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

Meskipun olahraga softball ini kalah terkenal dengan olahraga volly,sepak bola,basket maupun badminton.Namun jangan salah ,olahraga ini juga banyak diminati oleh beberapa kalangan lho guys.Khususnya di Indonesia sendiri banyak anak-anak muda sering berlatih permainan softball.Maka tidak ada salahnya kita mengetahui olahraga eksklusif yang satu ini ,salah satunya tentang ukuran lapangan softball.Dibawah ini admin akan membahas ukuran lapangan softball secara detail ,yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca setia Olahraga Pedia.

Gambar Detail Diagram Lapangan Sofball

 

Ukuran Resmi Lapangan Softball

Ukuran Resmi Lapangan Softball Lengkap


1.Panjang lapangan:  16,76 meter.

2.Jarak dari home base ke posisi pelempar (pitcer’s plate): 13,07 meter

3.Tempat pelambung pitcer  60 X 15 cm.

4.Dalam permainan softball ada 3 tempat berhenti (base) yaitu base I, II, III. Home base, yaitu tempat pemain memukul bola. (home base serta home plate).

5.Base berbentuk bantal dengan ukuran 38 X38 cm, serta tebalnya 5 – 12,5 cm.

6.Home platet, berkapasitas 43 X 22 cm, serta segi puncaknya berkapasitas 30 cm.

7.Perpanjangan base dari base I, II, III dinamakan garis batas, untuk menentukan apakah jatuhnya bola itu di dalam alias diluar garis batas.

Sebenarnya bentuk lapangan softball sendiri adalah bujur sangkar.Kemudian dibagi menjadi 2 bagian yaitu daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory).Lebih jauh dalam lagi,daerah fair masih dibagi menjadi 2 bagian lagi,bagian dalam (infield),dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam terdapat 4 marka (base). Setiap marka diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari marka awal yang disebut home plate, diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Jarak Lintasan Antar Marka yang Ditentukan


a.)    Lintasan fast pitch : 60 kaki (18,29 m)
b.)    Lintasan slow pitch : 60 kaki atau 65 kaki (19,81 m)

Jarak Melempar (pitching) Fast Pitch yang ditentukan


a.)    Puteri dewasa : 43 kaki (13,11 m)
b.)    Putera dewasa : 46 kaki (14,02 m)
c.)    Puteri dibawah 18 tahun : 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
d.)    Putera dibawah 18 tahun : 46 kaki (14,02 m)
e.)    Puteri dibawah 15 tahun : 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki
f.)    Putera dibawah 15 tahun : 46 kaki (14,02 m)

Jarak Melempar (pitching) Slow Pitch yang Ditentukan


a.)    Puteri dewasa : 50 kaki (15,24m)  , Putera dewasa : 50 kaki (15,24m)   , Puteri (univ) : 50 kaki (15,24m).
b.)    Puteri dibawah 18 tahun : 50 kaki (15,24m)   , Putera dibawah 18 tahun : 46 kaki (14,02 m)
c.)    Puteri dibawah 15 tahun : 50 kaki (15,24m)   , Putera dibawah 15 tahun : 46 kaki (14,02 m).

Demikianlah sedikit informasi tentang ukuran resmi lapangan softball yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya di internet salah satunya Wikipedia.Semoga dengan adanya keterangan di atas bisa menambah wawasan kita terutama tentang permainan softball.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Ukuran Resmi Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangannya

Posting Komentar

Back To Top