-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 28 Oktober 2015

7 PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS YANG HARUS DIPENUHI

Olahraga Pedia – Bulu Tangkis atau Badminton adalah salah satu permainan yang dimainkan oleh pemain tunggal maupun ganda.Dalam perminan bulu tangkis diperlukan timing dan kondisi fisik yang bagus.Selain itu ada beberapa perlengkapan yang harus anda penuhi untuk bermain bulu tangkis.Peralatan tidak harus mahal yang terpenting memenuhi kriteri standart dalam permainan bulu tangkis.

Lapangan adalah salah satu tempat untuk permainan bulu tangkis selain itu anda juga harus melengkapi perlengkapan seperti reket shuttlekok,baju dll.Dibawah in akan saya berikan perlengkapan permainan bulu tangkis lengkap dengan kegunaannya.Mari kita bahas bersama-sama :

7 PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS YANG HARUS DIPENUHI

PERALATAN PADA PERMAINAN BULU TANGKIS

1.Lapangan

Lapangan dalam permainan bulu tangkis berbentuk persegi panjang yang mempunyai ukuran standart panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m.Lapangan digunakan untuk temapat bermain badminton.

2.Net

Net berada pada tengah-tengah lapangan yang berfungsi untuk membatasi daerah permainan yang berbentuk seperti jaring-jaring.Tinggi net sekitar 155 cm.

3.Senar dan Raket

Jaman sekarang raket atau alat pemukul pada permainan bulu tangkis banyak sekali jenisnya ada yang terbuat dari bahan karbon,grafit dan aluminium.Untuk harganya sangat bervariasi ada yang murah dan ada juga yang mahal

Selain raket ada juga senar yang terdapat pda dun raket yang berfungsi untuk memantulkan kok.Pemasangan senar yang baik yaitu dipasang sebaik-baiknya dan tidk mudah putus (dengan tarikan 21-24 ukuran kekencangan raket) agar mendapatkan pukulan yang kencang dan cepat.

4.Sepatu dan Kaos Kaki

Gunakanlah sepatu yang mempunyai sol yang kuat dan tidak licin.Banyak dipasaran dijual sepatu yang didesin khusus untuk bulu tangkis.Harganya juga bervariasi ada juga yang mahal ada juga yang murah.Sepatu yang nyaman dipakai juga akan menunjang permainan anda.Selain itu gunakanlah kaos kaki yang serasa nyama dipakai.

5.Shuttlecock

Kok biasanya terbuat dari bulu angsa yang telah dibuat dipabrik.Menurut standart yang telah dibuat oleh IBF berat kok berkisar 5,67 gram.Bulu angsa yang tertancap  pada gabus yang terbungkus kulit putih berjumlah 14-16 buah dan diikat oleh 2 tali yang melingkar.

Secara umum panjang kok sekitar 8,8 cm diukur dari ujung kepala kok hingga ujung daun bulu.Panjang batang daun kok adalah 65 cm sedangkan panjang kepala kok adalah 2,3 cm.

6.Baju dan Celana

Pada saat melakukan pertandingan badminton anda harus menggunakan baju dan celana yang khusus untuk bermain bulu tangkis.Gunakan baju dan celana berbahan yang mudah menyerap keringat.

7.Dekker atau Alat pelindung

Anda bisa menggunakan alat tambahan yaitu deker yang berfungsi untuk melindungi anda dari cidera.Deker sendiri bermacam-macam ada juga yang bebrbentuk gelang untuk melindungi sendi tangan.Ada juga juga yang berfungsi untuk melindungi lutut.

Demikianlah beberapa perlengkapan untuk bermain bulu tangkis yang anda penuhi.Dengan perlengkapan diatas paling tidak anda sudah memenuhi peraturan standart dan juga bisa melindungi anda saat bermain.Semoga bermanfaat Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 7 PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS YANG HARUS DIPENUHI

Posting Komentar

Back To Top