-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 24 November 2015

PERLENGKAPAN dan POSISI DALAM PERMAIANAN SEPAK BOLA

Olahraga Pedia – Sepak bola adalah salah permainan bola kaki yang dimainkan oleh dua regu masing beranggotakan 11 orang pemain inti.Demam sepak bola sekarang sudah menjamur diseluruh pelososk Dunia.Permainan apik dan kekuatan fisik seringkali kali menghipnotis para penonton bola.Dalam permainan sepak bola memang ada beberapa perlengkapan yang harus anda miliki tanpa perlengkapan tersebut permianan tidak akan berjalan.

Ada banyak sekali perlengkapan sepak bola seperti kaos dan celana,deker,kaos tangan ,bola,lapangan dll.Setelah anda melengkapi perlengkapan tersebut baru permianan bisa berjalan.Selain itu dalam permainan sepak bola ada beberapa posisi yang disebut dengan sayap,gelandang,kiper .striker dll.Posisi ini biasanya akan ditempati pemain-pemain yang sudah mempunyai karakter dalam posisi tersebut.Untuk itu admin akan menjelaskan tentang perlengkapan dan posisi dalam permainan sepak bola :

PERLENGKAPAN dan POSISI DALAM PERMAIANAN SEPAK BOLA

MACAM-MACAM PERLENGKAPAN SEPAK BOLA

1.Bola

Dalam sepak bola tentunya akan membuthkan bola yang telah distandarkan oleh FIFA.Bukan hanya asal-asalan ja bola yang digunakan akan tetapi bola ini memang sudah didesain untuk permianan sepak bola.

2.Baju dan Kaos

Dalam turnamen sepak bola anda tidak boleh memakai pakaian yang seadanya namun anda harus memakai pakaian kaos team.Setiap team menggunakan warna yang berbeda agar wasit mudah untuk membedakan.Selain itu kaos dan celana harus terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

3.Lapangan

Untuk media dalam pemainan sepak bola disebut juga dengan lapangan yang telah ditentukan ukurannya oleh FIFA.Lapangan sepak bola terbuat dari sebidang tanah yang berbentuk persegi panjang yang ada rumput hijaunya.Untuk melihat ukuran lapangan yang standart anda bisa lihat DISINI

4.Sarung Tangan

Kaos tangan khusus digunakan untuk kiper .Kaos tangan ini berguna untuk menangkap bola agar tidak terasa licin dan pada saat menagkap bola bisa lengket.

5.Pelindung (Dekker)

Ada banyak sekali jenis Dekker dan masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri.Namun hal yang wajib harus menggunakan pelindung kaki .Sepak bola merupakan permainan yang keras dan menggunakan kaki.Deker berfungsi untuk melindungi kaki anda.Selain tu ada juga dekker untuk melindungi kepala dan tangan.

6.Peluit ,Koin dan Jam

Peluit merupakan salah satu perlengkapan sepak bola yang digunakan wasit untuk mengatur berjalannya pertandingan.Selain itu ada juga jam untuk melihat waktu berjalannya pertandingan.Koin digunakan untuk memilih tempat biasanya diwakili oleh kapten team.

POSISI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Dalam sepak bola ada beberapa posisi yang perlu anda ketahui dan tugasnya seperti apa?mari kita simak ulasan berikut ini :

1.Penjaga Gawang

Yang bertugas penjaga gawang dinamakan Kiper.Biasanya berpostur tinggi besar,Mempunyai reflek yang bagus dan onsentrasi tinggi untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan oleh lawan.Area penjaga gawang Cuma dibatasi oleh garis yang dinamakan area pinalti.Apabila melebihi garis tersebut wasit akan meniup peluit dan dinyatakan pelanggaran.

2.Bek

Bek disebut juga dengan pemain yang berada paling belakang.Dalam posisi bek (bertahan) akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu center bek,bek sayap akan dan sayap kiri.Biasanya center bek akan ditempati oleh 2 orang semua itu tergantung formasi yang dijalankan pelatih.

3.Striker

Biasanya posisi ini paling banyak dikenal oleh para penonton.Karena posisi striker menjadi idola para penonton.Bukan hal yang mudah menempati posisi ini anda harus mempunyai skill yang bagus,kecepatan dan haus untuk mencetak goal.Biasanya ada pelatih yang menempatkan satu striker maupun 2 striker.

4.Gelandang

Gelandang adalah salah satu pemain kunci yang mengatur ritme permainan.Gelandang bertugas untuk menguasai lapangan tengah dan jalannya pertandingan.Gelandang yang bagus akan memberikan suplay bola kepada strikernya.Gelandang sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu gelandang serang dan bertahan.Untuk gelandang bertahan akan lebih sering untuk membantu pertahan dari serangan lawan.

5.Sayap (wings)

Untuk pemain sayap biasanya dibagi menjadi 2 bagian yaitu sayap kanan dan kiri.Biasnya pemain yang menempati posisi ini mempunyai kecepatan dan skill yang baik.Posisi sayap juga ikut membantu penyerangan dari sisi lapangan dan memberikan umpan crossing kepada striker.

Demikianlah sedikit ulasan tentang perlengkpan sepak bola dan posisi dalam permainan sepak bola.Dengan membaca artikel diatas paling tidak anda sudah mengetahui nama dan tugas posisi pemain bola serta perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan dalam bermain sepak bola.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar PERLENGKAPAN dan POSISI DALAM PERMAIANAN SEPAK BOLA

Posting Komentar

Back To Top