-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 19 Desember 2015

UKURAN GAWANG dan LAPANGAN FUTSAL STANDAR FIFA

Olahraga Pedia – Futsal adalah salah satu olahraga bola besar yang dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevidio Uruguay pada tahun 1930.Olahraga ini sekarang sangat populer di Indonesia bahkan Dunia.Terbukti sekarang banyak diadakan turnamen tingkat kampung,sekolah bahkan tingkat Nasional dan International.Dalam permainan futsal menggunakan lapangan yang berbentuk persegi panjang baik diIndoor maupun Outdoor.

Lapangan futsal sekarang sudah menjamur diperkotaan maupun pedesaan dengan harga sewa yang bervariatif semua tergantung fasilitas.Mungkin anda pernah melihat ukuran lapangan futsal yang sangat kecil mungkin itu disebabkan karena keterbatasan lahan.Padahal untuk ukuran lapangan futsal standard sudah ditetapkan oleh FIFA maupun AMF.Lapangan futsal yang digunakan untuk pertandingan harus mematuhi peraturan standard lapangan yang sudah ditetapkan FIFA.Tapi sebaliknya apabila lapangan tersebut hanya untuk olahraga atau bermain saja ukuran bisa disesuaikan dengan lahan.Untuk itu admin akan mmberikan ukuran lapangan futsal standard NASIONAL dan INTERNATIONAL.
UKURAN GAWANG dan LAPANGAN FUTSAL STANDAR FIFA

UKURAN STANDAR LAPANGAN FUTSAL YANG DITETAPKAN FIFA

1.Panjang dan Lebar Lapangan Futsal

Untuk ukuran standard lapangan futsal mempunyai panjang 25 – 43 meter dan lebarnya antara 15 – 25 meter.

2.Garis Batas

Garis selebar 8 cm yaitu garis sentuh disisi,garis gawang diujug-ujung dan garis melintang ditengah lapangan, 3 meter lingkaran tengah lapangan,tak ada tembok penghalang.

3.Daerah Penalti Lapangan Futsal

Busur berukuran 6 meter dar masing-masing tiang gawang.bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3,16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang.

4.Titik Penalti

Titik penalti mempunyai jarak 6 meter dari titik tengah antara  posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

5.Titik Penalti Kedua

Titik penalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengah garis gawang.Sedangkan ukuran tendangan sudut yaitu seperempat lingkaran dengan radius 25 cm disetiap sudut lapangan.

6.Zona Pergantian Pemain

Daerah 5 meter (5m dari garis tengah lapangan ) pada sisi tribun dari pelemparan.

UKURAN GAWANG FUTSAL

Gawang dalam permainan futsal terdiri dari 2 buah tiang dan ditempatkan pada tengah-tengah garis gawang.Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas kedasar permukaan lapangan adalah 2 meter.

Tiang vertikal maupun horizontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm.Jaring (net) terbuat dari tali rami,goni atau nilon dipautkan pada kedua tiang vertikal dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang.Bagian bawah didukung oleh batanganmelengkung ataupun bentuk lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup.

Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan.Minimal 80 cm pada bagin atas dan 100 cm pada bagian bawah permukaan lapangan.

Demikanlah ukuran lapangan futsal standard FIFA yang digunakan untuk turnamen atau kejuarann Futsal.Ingat saat membuat lapangan futsal permukaan harus rata dan daerah pelemparan rata , halus dan tidak abrasif.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar UKURAN GAWANG dan LAPANGAN FUTSAL STANDAR FIFA

Posting Komentar

Back To Top