-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Jumat, 14 Oktober 2016

Kenali 6 Jenis Permainan Bola Billiard (Bola Sodok)

Olahraga Pedia - 6 Jenis Permainan Bola Billiard (Bola Sodok) - Permainan bola sodok atau lebih dikenal dengan permainan billiard sangat populer dikalangan anak muda.Permainan ini kebanyak dimainkan oleh golongan menengah diatas,mengingat permainan ini tidak gratis.Apabila anda tidak mempunyai stick dan meja sendiri ,anda harus menyewa.Biasanya setiap perjamnya dihargai 20-30 ribu.Permainan ini cukup seru dan bisa menghilangkan stres bersama kawan-kawan dalam bermain.Permainan ini sebenarnya cukup simpel hanya memasukkan bola menggunakan tongkat kedalam lubang.

Permainan bola billiard sudah menjadi tren gaya hidup sebagian kalangan.Permainan ini identik dengan meja yang berbentuk persegi panjang dengan alas berwarna hijau dan memilki 4 sudut dimana 4 sudut tersebut masing-masing memilki lubang dan ditambah lagi 2 lubang di bagian sisi tengah meja.Biasanya bola billiard diberi nomor dan warna yang berbeda-beda,bola ditandai dengan nomor 1 – 15 dan ditambah satu bola berwarna putih polos.

Mungkin secara kasat mata permainan ini hanya memasukkan bola kedalam lubang menggunakan stick.Apabila anda sudah mencobanya,permainan ini tidak semudah yang anda lihat dan tidak seperti yang dibayangkan.Permainan ini harus mempunyai tehnik dasar dan skill yang baik.Permainan billiard dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

6 Model Permainan Dalam Bermain Bola Billiard

Mengenal Jenis-jenis Permainan Bola Billiard


1.Permainan Billiard Bola 9 (Nine Ball)

Dalam permainan ini setiap pemain wajib memukul bola scara berurutan mulai dari nomor 1 sampai nomor 8 dan dilakukan secara bergantian,ketika salah satu pemain tidak berhasil dalam memasukkan bola.Jika pukulan pertama anda mengenai bola lain akan dianggap foul.Jika pukulan bola apapun memantul dan mengenai bola nomor 9 kemudian bisa masuk lubang maka pemain tersebut dianggap menjadi pemenangnya.

2.Permainan Billiard One Pocket

Kenapa dinamakan one pocket ? karena anda sudah menetukan lubang mana yang akan anda gunakan untuk memasukkan 8 bola dari 15 bola yang ada.Bila kamu salah dalam memasukkan bola milik lawan ,maka ototmatis anda menguntungkan lawan karena laan akan mendapatkan poin Cuma-Cuma.Anda harus fokus pada lubang yang diperuntukkan untuk anda.Apabila kalian salah menarget dan memasukkan bola non target ,maka bola tersebut akan dikembalikan kemeja lagi.

3.Permainan Bola 8 (Eight Ball)

Permainan 8 bola merupakan salah satu jenis permainan billiard yang paling umum dimainkan.Dalam memainkan bola 8 harus ada 2 kelompok dimana setiap kelompok memiliki bagian 7 bola yaitu nomr 1 hingga 7 untuk kelompok pertama dan nomor 9 sampai nomor 15.15 bola diletakkan di atas meja dan permainan dibagi menjadi 2 kelompok .Kelompok 1 wajib memasukkan bola 1 – 7 sedangakn kelompok 2 wajib memasukkan bola 9-15.Jika salah satu kelompok sudah memasukkan kewajibannya ,maka tugasnya tinggal memasukkan bola 8.Siapa yang bisa memasukkan bola 8 kedalam lubang dialah yang menjadi pemenangnya.

4.Permainan Billiard Bola Pembunuh

Permainan ini untuk para pemain hanya diberi kesempatan 1 kali memukul dan harus masuk kedalam lubang.Jika tidak berhasil sampai tiga kali sodokan dan masih terdapat sisa sisa bola diatas meja billiard maka mereka dianggap kalah ,jadi pemenangnya bagi mereka yang bisa memasukkan bola melalui 1 pukulan.

5.Permainan Billiard Sistem Eliminasi (Cutthroat)

Cutthroat atau sistem eliminasi adalah jenis permainan bola billiard yang sangat seru. Permainan ini dilakukan oleh tiga pemain dimana setiap pemain mencoba untuk mengeliminasi 2 lawannya. 15 bola dibagi menjadi tiga kelompok: satu sampai lima, enam sampai sepuluh, dan 11 melalui 15. Pemain dapat memilih sekelompok bola sebelum pertandingan dimulai, atau ditugaskan kelompok karena setiap mulai memasukkan bola. Bila kamu menyapu bersih bola, kamu bisa mengeliminasi lawan kamu dengan memasukkan bola lawan tentu saja setelah kamu sudah masuk ke lubang semua. Bila lawan kamu kehabisan bola maka dianggap tereliminasi.

6.Permainan Billiard 14.1 Continuous

Permainan ini cocok bagi pemain yang jarang gagal fokus. Pemain diwajibkan untuk menentukan bola mana yang menjadi sasaran dan lubang mana yang akan digunakan. Setiap sasaran yang masuk ke lubang sesuai dengan target maka dihitung dengan poin. Pemain pertama yang berhasil mendapatkan 150 poin dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.

Demikianlah Macam-macam Permainan Bola Billiard yang bisa saya jelaskan.Permainan billiard memang seru,silahkan pilih sesuka hati anda untuk memainkan permainan ini.Anda bisa memilih jenis permainan bola 8,bola 9 dll.Tapi ingat ya kalau main jangan curang.hehe.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Kenali 6 Jenis Permainan Bola Billiard (Bola Sodok)

Posting Komentar

Back To Top