-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 11 Oktober 2016

7 Perlengkapan Penting Dalam Permainan Billiard

Olahraga Pedia 7 Perlengkapan Penting Dalam Permainan Billiard - Billiard adalah salah cabang olahraga yang membutuhkan konsentrasi tinggi.Untuk memainkan permainan ini memang agak sedikit membutuhkan modal seperti membeli stick (tongkat pemukul),meja billard dll.Namun anda gak usah khawatir banyak dikota-kota besar yang menyewakan peralatan billard dengan harga murah.Biasanya dihitung perjam maupun setiap kali main.Dengan merogoh kocek 20-30 ribu anda sudah bisa main billiard  bersama teman-teman anda.

Semua cabang olahraga permainan pasti membutuhkan yang namanya sarana dan prasarana agar permainan bisa berjalan dengan baik dan lancar, tak terkecuali permainan billiard.Dalam permainan billiard dibuthkan peralatan seperti meja,stick,tas,bola,chalk atau kapur stick.Untuk itu olahraga pedia akan menjelaskan beberapa Perlengkapan Dalam Permainan Billiard.

7 Peralatan Yang Dibutuhkan Saat Bermain Billiard

1.Meja Billiard

Dalam permainan sepak bola diperlukan lapangan sebagai media untuk bermain.Namun berbeda dengan permainan billiard,anda membutuhkan meja billiard dalam permainan ini.Didalam meja billiard memiliki 6 lubang disertai dengan laken atau karpet pengalas meja yang membuat bola lebih teratur jika disodok.Meja billiard juga dilengkapi dengan papan pemantul dibagian samping-samping meja yang berfungsi untuk menghantar bola.

2.Stick Billiard

Stick atau tongkat pemukul merupakan salah satu perlengkapan dalam olahraga ini.Stick billiard tentu sangat berbeda,jangan samakan dengan stick PS maupun stick makanan yang guys.Hehehe Ciri-ciri stick billiard yaitu tegak lurus,bodinya lebih ramping ujungnya bentuk kecil dan gagangnya lebih besar.Bagian gagang terbuat dari kayu yang halus gara tangan kita leket saat melakukan ayunan.Sedangkan pada bagian atas ada tip yang berguna agar bola lebih teratur saat bola dipukul.

3.Tas Stick (Tongkat Pemukul)

Stick atau tongkat pemukul billiard yang original tentu dibandrol dengan harga mahal.Mengingat untuk mendapatkan stick billiard dengan kualitas baik anda harus mengeluarkan uang yang lumayan.Untuk itu diperlukan sebuah tas tempat menaruh stick.Selain stick menjadi awet anda dengan mudah membawa stick tersebut saat bermain.

4.Bola Billiard

Bola yang digunakan dalam permainan billiard tidak berbentuk besar seperti olahraga lainnya seperti sepak bola,futsal dll.Bola billiard berbentuk kecil dan keras hampir mirip bola golf.Bola billiard berbentuk bulat rata tidak memiliki garis dan tidak berlubang.Setiap bola dikasih warna dan nomor yang berbeda.Jumlah bola billiard ada 15 buah.Jika kita menggunakan semua bola artiya kita sedang bermain 8 ball,namun jika kita bermain menggunakan 9 bola berarti permainan 9 ball.Selain itu juga ada permainan 10 ball dengan menggunakan 10 bola dll.

5.Chalk atau Kapur Stick

Chalk atau kapur stick digunakan untuk membuat tip stick menjadi tidak licin.Hal itu bertujuan agar pada saat memukul bola tidak terjadi yang namanya foul.Cara menggunakannya digosok-gosokkan pada bagian tip selama beberapa kali sampai warna tip tidak pudar lagi.

6.Sarung Tangan

Biasanya para pemain billiard professional ada yang menggunakan sarung tangan.Hal ini bertujuan agar pegangan lebih mantap.Namun kaos tangan dalam permainan ini tidak diwajibkan.

7.Rak Billiard

Rak adalah sebuah benda yang mirip bingkai berbentuk segitiga yang digunakan untuk menyusun bola secara rapat bersamaan.

Demikianlah 7 Peralatan Dalam Permainan Billard.Ingat semahal apapun perlengkapan yang kita pakai atau sebagus apapun bentuknya ,hal yang terpenting dalam permainan ini adalah skill dan konsentrasi.Maka berlatihlah sungguh-sungguh untuk menjadi pemain billiard yang profesional.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 7 Perlengkapan Penting Dalam Permainan Billiard

Posting Komentar

Back To Top