-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Jumat, 10 Maret 2017

Cara Melatih dan Menjadi Blocking Tangguh Bola Voli

Olahraga Pedia - Cara Melatih dan Menjadi Blocking Tangguh Bola Voli - Dalam olahraga bola voli,salah satu tehnik dasar yang harus di latih adalah Blocking (bendungan).Tehnik blocking adalah suatu benteng pertahanan untuk mencegah upaya serangan lawan melalui smash.Jika blocking yang Anda lakukan sukses tentu tim kalian akan mendapatkan point.Di dalam permainan bola voli sendiri ada beberapa macam blocking yaitu block ganda dan tunggal.

Blocking tunggal adalah memblock serangan laan yang di lakukan sendirian.Sedangkan block ganda di lakukan untuk mencegah serangan lawan yang di lakukan 2 orang dan bahkan 3 orang jika spiker musuh benar-benar jeli dan hebat.Blocking yang baik yaitu bola jatuh di area lawan ,bukan diluar lapangan maupun jatuh di area sendiri.Jika kalian melakukan blocking Anda bagus,bisa menyrutkan mental spiker lawan.Pada kesempatan kali ini Olahraga Pedia akan memberikan cara melatih blocking (bendungan) dalam permainan bola voli.

1.Latihan tehnik blocking (bendungan sambil berlari)

Tehnik ini melakukan block dengan cara maju ke depan dan ke samping.Jangan jatuh di garis tengah serta hindari tabrakan dengan rekan kita yang melakukan block di depan.Untk lebih jelasnya lihatgambar di bawah ini :


2.Latihan blocking (bendungan) saling berhadapan

Blocking yang di lakukan secara pasangan dan juga saling berseberangan .Lakukanlah blocking sembari terus bergeser ke kanan dan ke kiri.Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


3.Latihan blocking (bendungan) tunggal

Blocking ini di lakukan secara sendirian di depan net,untuk menghalau serangan lawan.Dalam blocking tunggal pelaksanaanya lebih mudah di bandingakan dengan block ganda.Namun block tunggal kelemahannya mudah sekali di terobos oleh lawan.


Tips Melakukan Blocking dalam Permainan Bola Voli


1.Saat melakukan blocking sambil berlari,harus memperhatikan sekitar,jangan sampai saat memblock bola malah bertabrakan dengan rekan satu tim.

2.Beri jarak antara net dan tubuh.Hal ini bertujuan pada saat melompat tangan atau badan Anda tdak mengenai net.

3.Lakukan tolakan dengan benar dan mendarat dengan posisi kaki secara bersamaan saat memblocking lawan.

4.Mata harus fokus kepada tosser ,kemana bola akan di berikan.Hal ini mempermudah Anda memblock lawan,agar tidak terkecoh.

5.Asahlah timing Anda saat memblock atau melakukan tolakan agar bola pas mengenai telapak tangan Anda.

6.Pada saat memblock bola usahakan telapak tangan agak di dorong ke bawah supaya bola tidak melesat jauh dari area lapangan bola voli.

7.Posisi jari-jari tangan saat melakukan block harus terbuka jangan tertelungkup yach

8.Untuk melakukan block ganda harus ada koordinasi dengan teman Anda.Jika tidak bisa terjadi tabrakan.Koordinasi dalam melakukan block ganda sangat penting untuk menutup serangan lawaan.

9.Sebaiknya Anda mulai melatih block dari Anda melakukan awalan,melompat dan mendarat dengan baik.

10.Latihan sebaiknya dengan latihan bayangan,atau latihan sendiri.Hal ini bertujuan agar gerakan blocking Anda benar terlebih dahulu.

Nah,demikianlah cara melatih blocking dalam bola voli lengkap dengan tipsnya.Jika Anda mau berlatih dengan keras mak Anda bisa menjadi seorang blocking yang kokoh dan tangguh dan tidak mudah di lewati oleh smasher lawan.Untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal minta bimbingan kepada ahlinya.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Cara Melatih dan Menjadi Blocking Tangguh Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top