-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Minggu, 12 Maret 2017

Definisi dan Jenis-jenis Service dalam Permainan Bola Voli

Olahraga Pedia Definisi dan Jenis-jenis Service dalam Permainan Bola Voli - Apa yang di maksud dengan service dalam permainan bola voli ? Service adalah suatu tindakan yang di lakukan untuk memulai atau mengawali dalam permainan bola voli.Dalam permainan bola voli service merupakan serangan awal yang harus Anda lakukan dengan hati-hati.Oelh karena setiap orang yag melakukan service pasti akan membuat bola service yang mematikan lawan,atau mengarahkan bola kepada lawan yang passingnya tidak terlalu bagus.Service yang di lakukan dengan baik bisa mematikan lawan atau paling tidak lawan akan kesulitan menyusun serangan.

Tehnik melakukan service merupakan alah satu tehnik dasar yang harus di kuasai oleh pamin bola voli.Jika Anda belum bisa melakukan service yang mematikan ,paling tidak bola service melewati net dan jatuh di area lawan sehingga permainan bisa berjalan.Namun sebaliknya jika service Anda tidak melewati net maka pihak lawan akan mendapatkan point dan tim kalian merugikan tim Anda.Oelh karena itu kegagalan dalam melakukan service ,sering di anggap memberikan point kepada lawan secara cuma-cuma pada tim lawan.

Pengertian service dan Jenis-jenis Service dalam Permainan Bola Voli
Sumber gmbr : liputan6.com

Macam-macam Service dalam Permainan Bola Voli


Dalam permainan bola voli service dilakukan dengan 2 cara yaitu service tangan bawah dan service tangan atas.Untuk service tangan atas masih di bedakan lagi dalam beberapa cara meliputi floating service,tennis service,dan cekis.

Service tangan atas


Service atas yaitu jenis service yang di lakukan dengan cara memukul bola dari atas.Biasanya dalam melakukan service atas membutuhkan ke kekuatan lengan dan polos yang baik.Service ini biasanya di lakukan oleh para pemain voli profesional.Srvice tangan atas dibedakan lagi menjadi 3 bagian yaitu :

1.Floating smash

Adapun caranya dalam melakukan service ini adalah sebagai berikut :

a.)    Ambil posisi seperti akan melakukan tennis servis, yaitu kaki kiri berada pada posisi lebih di depan dari kaki kanan.

b.)    Peganglah bola menggunakan tangan kiri, dan tangan kanan berada disamping setinggi pelipis.

c.)    Segera lambungkan bola agak ke samping kanan dan tidak terlalu tinggi dengan menggunakan tangan kiri.

d.)    Kemudian ayunkan tangan kanan untuk memukul bola tepat dibagian tengahnya.

e.)    Dalam melakukan pukulan floating servis bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti jari tangan dilipat, dengan pangkal telapak tangan, atau memukul dengan genggaman tangan.

2.Cekis Service

Apa yang dimaksud dengan cekis service ? Jenis service yang dilakukan dengan memukul bola dengan cara menyamping.Berikut langkah-angkah melakukan service cekis :

a.)    Posisi sikap awal yang menyamping dengan posisi tubuh kiri menghadap ke arah net.

b.)    Peganglah bola menggunakan tangan kiri dan kanan, kemudian lambungkan bola keatas sambil diikuti dengan liukan tubuh.

c.)    Tarik tangan kanan ke arah kanan bawah sambil tubuh diliukkan ke arah kanan.

d.)    Fokus memperhatikan bola, liukkan badan ke samping kiri, lalu pukul bola. Arah kanan

e.)    pukulah pada bagian belakang bola. Liukkan badan dan lecutan tangan yang baik akan membantu pukulan servis secara maksimal.

3.Tennis Service

a.) Posisi sikap awal dengan posisi kaki kiri berada sedikit lebih di depan, dan kedua lutut agak ditekuk.

b.) Peganglah bola dengan kedua tangan. Tangan kiri memegang bola dengan menyangganya dari bawah, sedangkan tangan kanan berada di atas bola.

c.) Kemudian tangan kiri melambungkan bola kira-kira sekitar ½ meter di atas kepala.

d.) Fokus terhadapa bola , tangan kanan kemudian ditarik hingga ke belakang atas kepala dan siap untuk memukul bola.

e.) Segera ayunkan tangan kanan untuk memukul bola, dan pukul bola secara maksimal dengan cara seperti melakukan smash agar bola bisa melaju dengan keras.

Service tangan bawah


Jenis service yang di lakukan dengan cara mengayunkan lengan dari bawah ,kemudian memukul bola degan genggaman tangan.Service jenis ini biasanya di gunakan oleh para pemain bola voli pemula.

Jumping Service


Jumping service ini biasanya dilakukan oleh para pemain voli profesional.Untuk melakukan jumping service diperlukan latihan khusus.Kekuatan lengan dan polos harus baik,sehingga bola bisa meluncur keras dan menukik tajam.Jumping service banyak diterapkan oleh pemain voli hebat untuk memperoleh point melalui service.

Catatan : Ingat saat melakukan service,harus dilakukan di belakang garis belakang lapangan voli.Selain itu Anda harus memperhatikan posisi kaki janan sampai menyentuh garis,Anda harus mmbelakangi garis.Jika tidak Anda akan di semprit oleh wasit,karena pelanggaran.Tim lawan akan mendapatkan point Cuma-Cuma.

Nah,demikianlah definisi dan jenis-jenis service dalam permainan bola voli.Dengan artikel di atas semoga dapat menambah wawasan Anda tentang olahraga voli khususnya dalam tehnik dasar service.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Definisi dan Jenis-jenis Service dalam Permainan Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top