-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 09 Maret 2017

Nama Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya Lengkap dengan Gambar

Olahraga Pedia Nama Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya Lengkap dengan Gambar - Berbicara tentang permainan bola voli tidak ada habisnya,hampir semua orang mengenal bola voli.Dikarenakan olaharaga ini salah satu cabang olahraga permainan bola besar yang sangat populer di Indonesia.Bola voli banyak di gemari kalangan anak muda,baik itu wanita maupun pria.Dalam permainan bola voli terdiri dari 6 pemain inti.Masing-masing mempunyai posisi dan tugas masing-masing.

Mungkin bagi Anda para pemula atau bahkan belum mengenal olahraga ini sama sekali,artikel ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.Pasti kalian masih bingung mendengar istilah tosser,server,smasher dll.Nama-nama tesebut adalah posisi yangAnda tempati jika bermain bola voli.Kali ini Olahraga Pedia akan membahas tentang Macam-macam Posisis Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya.

1.Posisi Libero bola voli

Apa tugas pemain libero bola voli ? Libero bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari lawan.Selain itu tosser juga berkewajiban mengambil bola pertama untuk di berikan kepada tosser dengan baik.Sebagai seorang libero harus benar-benar menguasai tehnik passing atas dan bawah dengan sempurna.Pemain libero bebas keluar masuk tapi tidak boleh membantu blocking maupun melakukan smash.

2.Posisi Tosser atau Set-upper

Apa tugas tosser (set-uppe dalam bola voli) ? Tosser fungsi utamanya adalah pengatur serangan dalam sebuah tim bola voli.Tosser akan memberikan umpan kepada rekan satu timnya  dengan berbaai variasi umpan untuk spikernya.Lebih bagus lagi umpan tersebut sangat memanjakan spiker,dengan begitu spiker dengan lebih leluasa melakukan serangan yang mematikan pihak lawan.Seorang tosser harus terampil dalam melakukan passing atas dan di tunjang dengan passing bawah.Kecerdasan seorang tosser juga menjadi salah satu kunci untuk meraih kemenangan.Selain sebagai poros pengaturserangan,seorang tosser juga harus menguasai tehnik blocking dan smash.

3.Posisi Spiker (smasher)

Apa tugas spiker dalam permainan bola voli ? seorang spiker bertugas untuk melakukan pukulan smash atau melakukan serangan yang nantinya akan menghasilkan spoint untuk kemenangan tim.Selain itu spiker harus mempunyai kemampuan jumping yang bagus dan melakukan serangan atau smash yang keras dan tajam.Karena posisi spiker selalu berada di depan ,yaitu posisi 2 dan 4.Bahkan seorang spiker harus menguasai tehnik blocking yang baik untuk membendung atau menahan serangan lawan.

4.Posisi Defender

Salah satu pemain bola voli yang bertahan untuk menerima segala bentuk serangan lawan.

5.Posisi Server

Server adalah dimana pemain melakukan service .Setelah melakukan service pemain di posisi ini juga harus menjadi defender atau libero.

Gambar Macam-macam Posisi Pemain dalam Permainan Bola Voli


Jika di lihat dalam bentuk formasi  permainan bola voli, pemain nomor 1 disebut/ dinamakan sebagai server (pemain yang melakukan servis), pemain 2 dan 4 dinamakan spiker (smasher), pemain 3 dinamakan tosser atau set-upper, pemain nomor 5 dan 6 dinamakan sebagai defender atau libero.

Perputaran,Rotasi atau Pergeseran Pemain dalam Permainan Bola Voli


Untuk Perputaran posisi pemain dilakukan ketika terjadi pergantian bola servis, dan tim yang melakukan perputaran atau pergeseran posisi pemain adalah tim yang melakukan servis. Perputaran posisi pemain ini dilakukan searah jarum jam.

Nah,demikianlah penjelasan singkat tentang macam-macam nama posisi pemain bola voli beserta pergeseran dan tugasnya.Semoga dengan adanya artikel di atas bisa menambah wawasan kita tentang bola voli.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Nama Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya Lengkap dengan Gambar

Posting Komentar

Back To Top