-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 08 Maret 2017

Cara Menjadi Pemain Libero Bola Voli Handal dan Tangguh

Olahraga Pedia Cara Menjadi Pemain Libero Bola Voli Handal dan Tangguh -  Permainan bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang sangat menyenangkan untuk di mainkan.Permainan ini terdiri dari 6 orang tim inti dan beberapa cadangan.Adapun posisi pemain bola voli seperti libero,smasher,blocker dll.Jika Anda menyukai posisi libero dan ingin menjadi pemain libero yang tangguh apa yang harus di lakukan ? Yah,Anda harus mengikuti latihan di club bola voli yang sudah terlisensi baik.Selain itu Anda juga harus latihan sendiri dirumah.

Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi,sebaiknya ketahui terlebih dahulu kriteria-kriteria untuk menjadi seorang libero bola voli :

1.Mempunyai semangat yang tinggi dan pantang menyerah.
2.Mempunyai ketahanan fisik yang bagus
3.Mempunyai kelincahan dan membaca serangan lawan
4.Harus menguasai tehnik passing atas dan bawah dengan baik

Pertama-tama yang harus Anda tekankan adalah stamina dan fisik harus prima.Selain itu berlatihlah tehnik passing atas dan awah dengan baik.Mengapa demikian ? Karena seorang libero adalah seorang pemain bertahan yang harus selalu siap untuk menahan gempuran lawan dan memberikan umpan bola pertama kepada tosser.Jika tehnik passing Anda jelek,tim Anda tidak akan bisa melakukan variasi serangan.Untuk itu admi akan memberikan beberapa latihan agar kalian menjadi pemain libero bola voli yang hebat.

1.Lakukan latihan fisik dengan baik dan teratur

Dalam olahraga apapun fisik yang prima adalah salah satu faktor pendukung demi tercapainya kemenangan.Megapa demikian ? Di pertandingan bola voli terdiri dari beerapa set dan bahkan jika terjadi deuce pasti Anda dan rekan se tim akan mengeluarkan tenaga ekstra.
Adapaun latihan fisik yang bia Anda lakukan seperti jogging setiap pagi dan sore,lari cepat,pull up,sit up,push up ,dll.Untuk latihan fisik bola voli Anda bisa brosing di Google,di sana banyak sekali bentuk latihan fisik bola voli.

2.Lakukan latihan kelincahan

Mengapa kelincahan di perlukan ? Kalian tahu sendiri tugas seorang libero cukuplah berat,Anda harus bisa mengambil bola dari posisi apapun.Bahkan para libero banyak melakukan pergerakn menjatuhkan diri  dan berlari kesana kemari agar bola bisa di selamatkan.
Untuk melatih kelincahan Anda bisa lakukan lari sprint dll.Silahkan cari di Gogle bentuk latihan kelincahan.

3.Latihan passing bawah dan atas

Inilah salah satu elemen yang harus kalian kuasai untuk menjadi seorang libero yang hebat.Permainan bola vli hampir 99 % dilakukan dengan pasing atas dan bawah saat mengambl bola,terlebih lagi Anda seorang libero.Asahah kemampuan passing Anda agar lebih sempurna.

Untuk latihan passing atas Anda bisa lakukan di rumah,kuatkan jari-jari kalian dan berlatihlah passing atas. Dengan benar.Selain itu untuk latihan passing bawah Anda harus mempunyai lengan yang kuat.Maka ada baiknya Anda juga melatih lengan kalian.

4.Mulai latihan menjadi libero

Setelah kalian menguasai yang saya sebutkan di atas,maka mulailah latihan menjadi libero.Anda bisa mengajak teman kalian untuk berlatih.Suruhlah teman untuk memberikan bola kepada Anda dan kembalikan dengan passing bawah.Demikian juga dengan passing atas ,lakukan dengan cara yang sama.

Apabila Anda bisa mengembalikan dengan baik,kombinasikan latihan tersebut,kadang diberikan umpan bawah,atas dan lakukan dengan baik.Setelah Anda sedikit mahir dalam mengembalikan bola,ajaklah beberapa teman untuk membuat lingkaran.Setiap orang memegang bola satu-satu dan posisi Anda berada di tengah.Suruh teman melempar bola secara acak dan lemparkan bola sedikit agar bejauhan dengan posisi Anda.

Tugas Anda harus bisa mengembalikan bola tersebut,untuk itu fokuslah.Ambilah bola dalam keadaa terjatuh ,berlari,berdiri dll.Jika Anda terjatuh segera bangun tetap fokus untuk bola selanjutnya.Latihan seperti ini sangatlah menguras tenaga ,namun cara in sangat efektif untuk melatih reflek dan kelincahan maupun kesiapan Anda untuk menjadi libero.

Demikianlah beberapa cara untuk menjadi pemain libero bola voli yang hebat dan handal.Jika Anda berlatih di club latihan-latihan di atas pasti di ajarkan.Namun jika Anda belajar secara otodidak latihan diatas bisa meningkatkan kemampuan bertahan Anda.Lakukan latihan dengan sungguh-sungguh agar keinginan Anda tercapai.Seoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Cara Menjadi Pemain Libero Bola Voli Handal dan Tangguh

Posting Komentar

Back To Top