-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 07 Maret 2017

Trik Mudah Tingkatkan Tinggi Lompatan Smash Bola Voli

Olahraga PediaBagaimana cara meningkatkan tinggi lompatan dalam permainan bola voli ? Bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang di mainkan oleh 2 team.Untuk 1 timnya terdiri dari 6 pemain inti dan mempunyai tugas masing-masing.Misalnya libero,tosser,quicker dll.Jika posisi Anda sebagai penyerang atau penyemash dalam bola voli,faktor dasar yang harus Anda latih adalah lompatan (jumping).Selain itu idealnya seorang smasher mempunyai postur tubuh yang tinggi.

Bayangkan saja jika lompatan atau jumping Anda tidak tinggi saat melakukan smash bola voli pasti nyantol di net.Memang benar lompatan atau jumping yang tinggi menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan penyerangan atau smash.Jika Anda mempunyai jumping yang bagus dengan di tunjang postur tubuh tinggi akan dengan mudah melewati blocking lawan dan leluasa mengarahkan bola ke sasaran.Lantas,bagaimana cara melatih tinggi lompatan (jumping smash bola voli) ? Perhatikan dibawah ini :
Untuk menghasilkan lompatan yang tinggi ,Anda harus melatih otot kaki dengan baik untuk bisa memaksimalkan dalam melakukan smash.Dalam melakukan lompatan atau jumping smash ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya :

1.Lakukan awalan dengan benar

2.Tehnik lompatan yang baik

3.Timing lompatan pada waktu bola sudah di umpankan oleh tosser

4.Posisi mendarat yang baik (posisi kaki ngeper),jika posisi mendarat Anda tidak benar maka akan rentan terhadap cidera kaki.

Cara Mudah Tingkatkan Tinggi Lompatan Smash Bola Voli

Tingkatkan Tinggi Lompatan (jumping) Smash  dengan Latihan di Bawah Ini 


Setelah mengetahui 4 faktor di atas,sekarang saatnya kita action untuk melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan kemampuan lompatan atau jumping smash bola voli.

1.Lakukan pemanasan (warming up )

Ingat sebelum kalian melakukan aktivitas olahraga apapun harus di biasakan melakukan pemanasan.Lakukan pemanasan secara statis dan dinamis.Hal ini betujuan agar otot-otot lebih siap dan meminimalisir terjadinya cidera.

2.Lakukan latihan lompat tali

Dengan latihan lompat tali bisa meningkatkan otot kaki dan memperkuat lengan kita.Semakin banyak intensitas yang kalian lakukan akan semakin baik dalam menguatkan otot kaki dan meningkatkan daya tahan cardiovasculer.

3.Lakukan latihan naik turun tangga

Naik turun tangga salah satu alternatif untuk meningkatkan tinggi lompatan jumping smash bola voli.Agar kekuatan otot kaki Anda menjadi lebih baik,maka lakukan latihan ini lebih sering.

4.Latihan menggunakan bantuan benda

Anda bisa gunakan batu bata,kursi atau benda yang lain .Benda tersebut Anda susun setinggi kursi (kursi sekolah).Mulai berlatihlah dengan melompati kursi tersebut ke samping kanan dan kiri.Lakukan sesuai dengan kemampuan.

5.Lakukan latihan lompat dengan rintangan

Pada saat pertandingan kondisi apapun bisa terjadi,seperti juga dengan seorang tosser.Umpan yang diberikan kepada smasher enak terus.Agar Anda bisa melompat dengan nyaman dalam kondisi apapun dan lebih maksimal Anda harus melakukan latihan dengan memberi sedikit rintangan .

Latihan dengan rintangan bisa Anda atur dengan ketinggian maksimum lompatan.Jika lompatan sudah meningkat ,Anda tingkatkan ketinggian dari rintangan ini.Bisa gunakan tali atau kayu sebagai rintangannya.Saat melakukan lompatan usahakan posisi kaki tetap lurus ,seperti Anda melakukan lompatan saat smash.Anda juga bisa menekuk kaki jika ternyata lompatan belum terlalu maksimal.

6.Lakukan latihan lainnya

Untuk menunjang latihan Anda,ada beberapa latihan yang bisa juga meningkatkan tinggi lompatan kalian seperti lompat kodok,back-up,sit-up,pull-up,dan skocth jump.

Latihan tersebut pada dasarnya juga hampir sama dengan latihan lompatan halang rintang.Namun pada latihan ini memfokuskan pada lompatan ke depan,yag mana untuk mengatasi beberapa kemungkinan untuk melalukan smash,diantaranya smash 3 meter.Lakukanlah latihan ini secara rutin,dan usahakan posisi kaki selalu rapat pada saat meompat dengan kedua kaki.

Demikianlah sedikit trik yang bisa Anda latih di rumah untuk meingkatkan tinggi lompatan (jumping) smash dalam permainana bola voli.Selain itu Anda juga harus memperhatikan posisi lompatan Anda denagn tehnik yang benar.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Trik Mudah Tingkatkan Tinggi Lompatan Smash Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top