-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 08 Maret 2017

9 Macam Latihan Melatih Lompatan Bola Voli Lebih Maksimal

Olahraga Pedia 9 Macam Latihan Melatih Lompatan Bola Voli Lebih Tinggi - Dalam permainan bola voli tinggi memilii lompatan yang tingi sangatlah dibutuhkan.Selain postur tubuh tinggi,lompatan di yang bagus di pakai untuk melalukan smash dan blocking.Mungkin bagi Anda para pemula,belum mempunyai jumping atau lompatan yang tinggi,bahkan lompatan Anda jika di ukur dari tanah belum ada sejengkal hehehe.Dalam bola voli untuk melalukan lompatan ada tehniknya lho guys.Biasaya untuk melakukan lompatan tolakannya berada pada tungkai.

Jika Anda ingin mempunyai lompatan atau jumping yang bagus harus dilakukan dengan tehnik yang bear dan latihan yang sungguh-sungguh.Langkah pertama kalian harus melatih otot-otot kaki agar menjadi lebih kuat.Di bawah ini Olahraga Pedia akan memberikan beberapa latihan untuk melatih lompatan (jumping) dalam permainan bola voli agar lebih tinggi.Perhatikan di bawah ini :

9 Macam Latihan Melatih Lompatan Bola Voli Lebih Tinggi

1.Ukurlah tinggi lompatan

Sebelum memulai,berdirilah di dekat tembok atau tiang yang tinggi sambil mengangkat tangan tinggi-tinggi. Minta teman Anda untuk menandai titik tertinggi yang bisa Anda raih dengan tangan Anda (buat tanda dengan kapur atau penanda lain). Lalu coba lompat sambil mengangkat tangan, dan minta teman Anda untuk menandai titik tertinggi yang Anda raih dengan ujung tangan Anda pada saat melompat (teman Anda mungkin harus berdiri di atas kursi untuk melakukan hal ini, hati-hati jangan sampai Anda melompat ke teman Anda). Jarak antara dua titik tersebut adalah tinggi lompatan Anda sekarang.

2.Latihan lompat tali

Dengan melakukan lompat tali akan memperkuat otot-otot kaki yang digunakan pada saat melompat ke atas. Carilah tempat dengan lantai yang keras dengan memperbesar jarak antara kepala Anda dengan tali. Lakukan hal ini 15 sampai 20 menit per harinya.

3.Lakukan gerakan squat

Squat yang baik adalah ketika tubuh bagian bawah Anda berkontraksi dengan baik dan juga ketika Anda merasakan otot perut dan punggung Anda berkontraksi.

4.Latihlah otot betis Anda

Ada banyak sekali latihan-latihan untuk melatih otot betis.Anda bisa mencarinya di google banyak sekali.Variasikan latihan tersebut.

5.Ayunkan tangan Anda ke atas ketika melompat

Tempatkan tangan Anda di samping badan, tekuk siku Anda, lalu ayunkan tangan Anda sampai setara dengan kepala.

6.Berlatihlah dengan angkat beban (tidak diwajibkan )

Datanglah ke pusat kebugaran dimana Anda dapat menemukan alat yang membantu Anda untuk melatih otot kaki Anda. Pasang beban seberat yang Anda bisa tanpa mencederai diri Anda, dan coba lakukan 4 sampai 5 pengulangan. Ulangi lagi beberapa saat kemudian.Sebaiknya latihan ini dibawah pengawasn ahlinya (pelatih seam maupun fitness).

7.Latihan site-up

Dalam permainan bola voli untuk melakukan lompatan atau jumping untuk melakukan smash juga menggunakan otot perut.Lakukanlah latihan sit up secara rutin ,minimal 3 kali dalam seminggu.Tingkatkan repetisi jika Anda merasa sudah mampu.

8.Latihan vertikal jump

Latihan ini juga bisa memperkuat otot kaki.Caranya beridir tegak dengan kaki membuka selebar bahu.Letakkan lengan sedikit di depan tubuh.Jongkon turun kurang lebih sekitar 45 derajad.Lalu lopatlah setinggi mungkin dan lalukan pndaratan dengan benar (posisi telapak kaki sedikit menekuk).

9.Latihan long jump

Caranya posisi tegak dan kaki membuka selebar bahu,ambil posisi ¼ jongkok lalu segera melompat ke arah depan jauh dan setinggi mungkin.Arahkan lengan ke depan untuk membantu keseimbangan.Agar lebih menantang gunakanlah rintangan seperti kardus atau benda lainnya.

Demikianlah beberapa latihan agar lompatan atau jumping dalam bola voli bisa lebih meningkat.Dengan latihan yang terjadwal dan dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil yang baik.Jika sobat ingin menambahkan silahkan melalui kolom komentar.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 9 Macam Latihan Melatih Lompatan Bola Voli Lebih Maksimal

Posting Komentar

Back To Top