-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Senin, 29 Mei 2017

10 Peralatan dan Perlengkapan Wajib dalam Permainan Softball

Olahraga PediaApa peralatan dan perlengkapan dalam permainan Softball ? Permainan softball adalah salah cabang permainan olahraga yang jarang diminati.Namun lambat laun saya melihat olahrga ini mulai digemari oleh anak muda,entah itu dari kalangan laki-laki maupun perempuan.Permainan ini mirip sekali dengan permainan kasti.Salah satu permainan yang dimainkan secara beregu,yang satu regunya terdiri dari 9 orang pemain.Permainan ini pertama kali ditemukan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago,Amerika Serikat.

Semua cabang olahraga permainan pasti membutuhkan yang namanya perlengkapan dan peralatan.Prasarana dan sarana sangat dibutuhkan agar permainan bisa berjalan dengan baik dan lancar,tak terkecuali pada permainan softball.Pada kesempatan kali ini Olahraga Pedia ingin mengajak teman-teman semua untuk mengetahui lebih jauh apa saja perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk bisa bermain softball dnegan baik.Ok langsung saja kita simak ulasan dibawah ini yach.

1.Lapangan permainan softball

Lapangan adalah salah satu media wajib yang harus dipenuhi dalam bermain softball.Untuk bentuk dan ukuran lapangan tidak hanya asal,melainkan sudah diatur dalam asosiasi atau suatu badan yang menaungi permainan softball.Silahkan cek disini untuk Ukuran resmi lapangan softball beserta gambarnya.

2.Home plate


Dalam permainan softball ada tempat hinggap atau berhenti.Berikut ini bentuk dan penampakannya.Base ke 1 ke 2 dan ke 3 berbentuk bujur sangakr dan terbuat dari karet.

3.Bola softball



Bukan hanya sepak bola,volley,futsall yang membutuhkan bola,namun dalam permainan softball juga meggunakan bola untuk bermain.Bola softbal berbentuk kecil hampir mirip dengan bola kasti.Softball menggunakan bola berwarna kuningdengan benag grip berwarna merah ,yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.

4.Tongkat pemukul


Tongkat pemukul atau bad yang digunakan dalam pertandingan softball resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk softball.Ketentuan pemakaian dan karakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Softball International.

5.Helm pemukul bola


Yang namanya helm pasti berguna untuk melindungi kepala.Dalam permainan softball juga menggunakan helm untuk melindungi kepala seorang pemukul dari terjangan bola,tongkat bahkan benturan.Helm sudah didesain untuk bermain softball.

6.Pakaian pelindung (protective gear)


Pakaian pelindung dipergunakan untuk menangkap bola (catcher) karena resiko terkena bola sangatlah tinggi.Pakaian pelindung ini juga sering disebut dengan body protector.

7.Uniform atau seragam


Tiap pemain wajib mengenakan celana ,baju seragam dengan berwarna dasar sama.Semakin tinggi tingkat pertandingannya,semakin ketat dalam peraturan seragamnya.Untuk pembagian pakaian biasanya untuk pemain mengenakan celana panjang dan kaos dengan dilengkapi dengan nomor dada dan nomor punggung,sedangkan untuk wasit berwarna biru laut dan celana biru tua.

8.Sarung tangan (Glove)

Sarung tangan atau glove dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola,sementara first basement dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari sedangkan mitt tidak).
Sarung tangan terbuat dari bahan kulit dan dipakai oleh pemain penjaga .Semua pemain lapangan memakai glove dan glove terbagi menjadi 3 macam,yaitu :

a.)Finger glove : glove yang dipakai oleh semua pemain lapangan
b.)Catcher glove : glove yang dipakai oleh catcher
c.)First base mills : glove yang dipakai oleh penjaga base pertama

9.Topi

Selain seragam para pemain juga dilengkapi topi.Seperti yang Anda ketahui dalam permainan ini banyak dilakukan di lapangan terbuka.Untuk itu topi sangat diperlukan ,terlebih lagi pada cuaca panas.Selain itu topi juga berfungsi agar para pemain tidak silau dan fokus terhadap larinya bola.

10.Sepatu Pool (Cleats)

Semua pemain wajib mengenakan sepatu .Sepatu yang dianggap sah adalah terbuat dari kanvas,kulit halus dan sejenisnya.Solnya boleh rata atau berpahat dari karet.Sol logam dan plat tumit juga boleh dipergunakan ,asal paku yang menonjol tidak lebih panjang dari 2 cm (1/4 inci).Sepatu yang diberi metal spike disekelilingnya dianggap tidak sah,karena bisa saja membahayakan keselamatan dirinya dan pemain lainnya.

Demikianlah perlengkapan dan peralatan yang digunakan dalam permainan softball.Saran dan prasaran diatas wajib Anda penuhi pada saat pertandingan resmi softball.Dengan peralatan diatas paling tidak Anda lebih aman dari ancaman cidera.Semoga bermanfaat.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 10 Peralatan dan Perlengkapan Wajib dalam Permainan Softball

Posting Komentar

Back To Top