-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Jumat, 27 Maret 2015

UKURAN RESMI LAPANGAN SEPAK BOLA FIFA

Ukuran Resmi Lapangan Sepak Bola Fifa – Sepak bola memang salah satu cabang olahraga bola besar yang sangat populer di Dunia.Khususnya Indonesia olahraga ini juga menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat Negeri kita tercinta.Banyak diselenggarakannya liga-liga seperti ISL dan masih banyak lagi yang lainnya.Pernahkah anda melihat lapangan sepak bola ? Hampir seluruh orang di dunia ini sudah melihat lapangan sepak bola akan tetapi belum tentu mengetahui secara pasti ukurannya.


Dalam membuat lapangan sepak bola bukan asal ngukur aja lho.FiFA sudah menetapkan ukuran lapangan sepak bola secara pasti baik secara Nasional maupun International.Gak usah panjang lebar di bawah ini Olahraga Pedia akan menjelaskan tentang Ukuran Resmi Lapangan Sepak Bola Lengkap Dengan Gambar.

GAMBAR LAPANGAN SEPAK BOLA RESMI


Dibawah ini gambar ukuran lapangan sepak bola resmi yang telah ditetapkan oleh FIFA.


PENJELASAN SECARA DETAIL DARI GAMBAR DI ATAS


Untuk ukuran panjang 100 hingga 130 yard dan lebar hingga 100 yard.Ukuran panjang harus lebih besar dari lebar.Sedangkan untuk pertandingan International,panjangnya harus 110 hingga 120 yard dan lebar 70 hingga 80 yard.

Garis pemisah yang lebarnya tidak lebih panjang 5 ichi membatasi daerah lapangan.Garis batas akhir disebut dengan goal lines dan garis sampingnya disebut dengan touchlines.Lingkaran tengah dengan radius 10 yard mengelilingi titik tengah.

Gawang ditempatkan kedua ujung lapangan pada bagian tengah goal line (garis gawang).Masing-masing gawang memiliki tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.Goal area adalah sebuah kotak persegi panjang pada masing-masing goal line.Daerah ini dibatasi dengan dua garis yang dibuat pada sudut-sudut yang tepat ke arah goal line jaraknya 6 yard dari masing-masing bagian tengah gawang.Garis ini diperpanjang sejauh 6 yard ke arah lapangan permainan dan bergabung dengan garis yang pararel dengan goal line.

Penalty area yang merupakan kotak segi empat pada goal line dibatasi dengan dua garis yang dibuat pada sudut yang tepat ke arah goal line ,jaraknya 18 yard dari masing-masing bagian tengah gawang.Garis ini diperpanjang sejauh 18 yard kearah lapangan permainan dan bergabung dengan garis pararel dengan goal line.

Yang terdapat pada daerah penalty adalah penalty spot.Tititk penalti ditentukan 12 yard dari depan pertengahan goal line.Tendangan penalti dilakukan dari titik penalti.Lingkaran penalti dengan radius 10 yard dari titik penalti dibuat diluar daerah penalti.
Daerah sudut,dengan radius 1 yard,terdapat pada setiap sudut lapangan.Tendangan sudut dilakukan dari bagian dalam daerah sudut.

Demikianlah Ukuran Lapangan Sepak Bola Resmi FIFA.Agar lebih jelasnya lihatlah pada gambar.Semoga artikel diatas bisa membantu anda mengerjakan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru olahraga anda.Terima Kasih
Sumber (Buku SEPAK BOLA (edisi kedua) Penulis asli Joseph A.Luxbacher,Ph.D,Penerjemeh edisi Indonesia Agusta Wibawa-Ed 2,Cet.6-Jakarta :Rajawali Pers,2012) Penerbit PT RAJAGRAFINDO PERSADA)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar UKURAN RESMI LAPANGAN SEPAK BOLA FIFA

Posting Komentar

Back To Top