-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 25 Maret 2015

TEHNIK DASAR RENANG WAJIB DIKUASAI

Apa Saja Tehnik Dasar Renang Yang Wajib Dikuasai? Renang adalah salah satu cabang olahraga air yang sangat menyenangkan dan banyak di gemari oleh anak-anak,orang dewasa maupun para manula.Renang juga dapat membentuk tubuh menjadi bagus dan membentuk sel-sel baru.Apabila anda mungkin berhenti berolahraga dalam beberapa bulan bahkan tahun tubuh anda tetap seperti semula karena pengaruh pembentukan sel baru tersebut.


Apakah anda punya keinginan belajar renang ? Sebenarnya untuk belajar renang sangat mudah dilakukan.Pada saat belajar harus rileks,tidak takut air,dan harus bisa berfikir di dalam air.Kegunaan berfikir di dalam air adalah untuk memikirkan gerakan yang harus dilakukan pada saat berenang.Selain itu sebagai seorang pemula ada beberapa gerakan tehnik dasar yang wajib dikuasai.Apa saja Gerakan tehnik dasar itu? Untuk menjawab pertanyaan anda Olahraga Pedia akan mengupas tuntas tentang Tehnik Dasar Renang Yang Wajib Dikuasai.Yuk kita simak bersama-sama.

tehnik dasar renang

TEHNIK DASAR RENANG WAJIB DIKUASAI


Di bawah ini hal-hal mendasar yang harus kamu kuasai sebelum belajar gaya renang,perhatikan dibawah ini :

1.Meluncur

Bagi anda para pemula untuk belajar meluncur diperlukan tehnik yang benar dengan cara luruskan kedua tangan ke atas kepala kemudian kaitkan kedua ibu jari,ingat posisi dagu harus dilekatkan pada dada bagian atas.Posisi kaki harus lurus.

Kalau sudah masuklah kepinggir kolam yang dangkal kemudian praktekan gerakan yang saya sebutkan tadi setelah itu kaki agak ditekuk sedikit gunakan dinding kolam sebagai tumpuan lalu hentakan dan mulai meluncur.Pada saat meluncur posisi kepala berada di bawah lengan.
Ingat pada saat mulai meluncur posisi tangan kaki tidak boleh lepas agar badan anda bisa lurus dan terapung.Lakukanlah gerakan tersebut berulang-ulang sampai posisi badan anda benar-benar lurus.

2.Pernafasan

Salah keberhasilan dalam berenang adalah pandai mengatur nafas.Semua itu bisa dilatih dengan cara masuklah kedalam kolam kira-kira dalamnya tepat didada anda.Hiruplah nafas dari mulut secara perlahan-lahan dan ditahan diperut kemudian tenggelamkan kepala anda kedalam air kemudian hembuskan nafas secara pean-pelan dan keluarkan dari mulut juga.
Pada saat menenggelamkan kepala anda usahakan mata selalu terbuka.Sedangkan untuk menjaga mata gunakanlah kacamata renang.

3.Mengapung

Mengapung sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu mengapung terlentang dan mengapung secara vertikal.Gerakan mengapung harus dikuasi dengan benar sebagai gerakan dasar.
Untuk gerakan mengapung secara terlentang bisa dilakukan dengan cara posisi seperti anda tidur terlentang posisi kuping terendam didalam air mulai regangkan kedua tangan membentuk siku dan posisi pergelangan tangan tetap rileks.Tekan kedua tangan secara bersamaan kebawah agar tubuh tetap mengapung terlentang dipermukaan air.Sedangkan gerakan kaki menyerupai huruf “V’ geraknnya seperti gerakan tangan.

Sedangkan untuk belajar mengambang atau mengapung secara vertikal lurus dengan cara posisi tubuh lurus diipermukaan air dengan kepala tetap diatas permukaan air sebatas dagu.Regangkan kedua tangan kanan dan kiri posisi tangan siku dilakukan secara bersamaan.Untuk posisi kaki agak ditekuk sedikit kemudian regangkan kesamping kanan dan kiri.Ingat gerakan tangan dan kaki harus dilakukan secara bersamaan untuk menjaga kesimbangan agar tubuh anda tetap mengapung secara vertikal.Pada saat melakukan gerakan harus santai dan rileks serta pengaturan anfas yang baik agar tidak mudah capek.

Demikianlah Tehnik Dasar Renang Yang Wajib Dikuasai.Khususnya bagi anda para pemula ketiga tehnik dasar diatas harus benar-benar anda kuasai sebelum melangkah untuk belajr gaya renang.Semoga bisa membantu dan bermanfaat.Terima Kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar TEHNIK DASAR RENANG WAJIB DIKUASAI

Posting Komentar

Back To Top