-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 28 Januari 2015

CARA MELATIH PUKULAN NETTING BULU TANGKIS

Cara melatih pukulan Netting – Netting adalah sebuah pukulan yang dilakukan dekat dengan net,diarahkan sedekat mungkin ke net,dipukul dengan sentuhan tenaga yang halus.Pukulan netting yang baik adalah jika bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.Jarang seorang pemain Bulu tangkis bisa bermain netting dengan baik,karena pukulan ini terbilang agak sulit harus menggunakan persaan pada saat memukul kok,kalau terjadi kesalahan sedikit saja berakibat fatal,karena kok dengan mudah di smash oleh lawan.



Karakteristik tehnik dasar ini adalah kok senantiasa jatuh bergulir sedekat mungkin dengan jaring atau net di daerah lapangan lawan.Koordinasi gerak kaki,lengan,keseimbangan tubuh,posisi raket dan kok saat perkenaan serta daya konsentrasi adalah faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pukulan ini.

Pegang raket dengan jari-jari tangan (ruas jari tangan ),pergelangan tangan tetap rileks,posis kepala daun raket sejajar dengan lantai pada saat perkenaan  raket dan kok yang harus diperhatikan selama proses pukulan jaring berlangsung.Disamping itu,sikap dan posisi kaki tumpu harus tetapkokoh menapak di lantai dengan lutut kanan dibengkokkan sehingga tidak terjadi gerakan tambahan yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.Kali ini Olahraga Pedia akan memberkan cara melatih pukulan Netting dalam permainan bulu tangkis.

CARA MELATIH PUKULAN NETTING

melatih pukulan netting

Dalam melakukan ukulan Netting memang tergolong agak susah,harus dilatih dengan tekun.Dibawah ini beberapa cara untuk melatih pukulan netting :

1.Berdirilah kira-kira dua langkah dari jaring sambil memegang raket

2.Penyaji melemparkan kok berturut-turut ke daerah jaring dan anda berusaha memukul kok yang telah dilemparkan tersebut.

3.Lakukanlah latihan ini disisi kanan dan kiri secara bergantian

4.Tingkatkan faktor intensitas dan kesulitan latihan dengan cara sambil bergerak

5.Arah dan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus,silang,atau dengan cara mendorong kok itu keberbagai arah.

Dalam melakukan pukulan Netting baik pada saat latihan maupun bermain bulu tangkis,ada banyak hal yang harus diperhatikan.Apa saja yang diperhatikan pada saat melakukan pukulan netting ? Perhatikan dibawah ini :

1.Pegangan raket Forehand untuk Forehand net dan backhand untuk backhand samping net.

2.Posisi siku agak bengkok dan pergelangan tangan ditekuk sedikit kebelakang.

3.Pada saat memukul,kaki kanan,berada didepan dan bola dipukul pada posisi setinggi mungkin

4.Sesaat sebelum perkenaan bola,buat tarikan kecil dengan pergelangan tangan.Pukulah bola pada bagian lengkungan kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola.Akhir kepala raket menghadap atau sejajar dengan langit-langit.

Demikianlah beberapa cara melatih pukulan Netting dalam permainan bulu tangkis.Pada saat melakukan pukulan netting usahakan tenang dan konsentrasi.Berlatih dengan sungguh-sungguh kalau kurang jelas bisa bertanya kepada pelatih atau membaca buku.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih
Sumber (Buku Mahir Bulu Tangkis,Penerit Hermawan Aksan.Penerbit NUANSA CENDIKIA)

Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar CARA MELATIH PUKULAN NETTING BULU TANGKIS

Posting Komentar

Back To Top