-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Minggu, 06 Desember 2015

8 PERLENGKAPAN WAJIB DALAM PERMAINAN FUTSAL

Olahraga Pedia – Futsal merupakan olahraga bentuk mini dari olahraga sepakbola yang dimainkan dilapangan kecil dan jumlah pemainnya lebih sedikit.Selain itu futsal juga banyak diminati dikalangan pemuda baik itu dilaksanakan dengan lapangan indoor maupun outdoor.Olahraga futsal juga sama seperti olahraga lainnya yang membutuhkan perlengkapan untuk bermain.

Perlengkapan bermain futsal seperti kaos kaki,sepatu,bola,pelindung dll.Peralatan lain pun sebenarnya juga diperbolehkan asal tidak membahayakan pemain lain maupun diri sendiri.Pemain yang menggunakan perhiasaan sangat dilarang oleh FIFA dan tidak ada toleransi.Untuk itu akan saya jelaskan perlengkapan wajib yang harus anda penuhi untuk bermain futsal.
8 PERLENGKAPAN WAJIB DALAM PERMAINAN FUTSAL

PERLENGKAPAN DALAM PERMAINAN FUTSAL

1.Lapangan

Lapangan futsal berbeda dengan lapangan sepak bola lho kawan.Lapangan adalah media untuk bermain futsal.Biasanya lapangan futsal diperkotaan berbentuk indoor dengan biaya sewa yang cukup relatif murah.Ukuran lapangan futsal mempunyai panjang  25-43 m dan lebar 15-25 m.

2.Bola

Bola dalam permainan futsal digunakan untuk bermain yaitu dengan cara mengoper maupun menendang.Untuk ukura standar biasanya bola berukuran 4  dengan keliling 62-64 cm dan beratnya 0,4-0,44kg.Lambungan bola 55- 56 cm pada pantulan pertama sedangkan untuk bahannya terbuat dari kulit atau bahan lainnya yang tidak membahayakan.Untuk harga bola futsal dipasaran berbeda-beda tergantung bahan dan merknya

3.Kostum

Untuk kostum dalam bermain futsal bebentuk kaos dan celana.Fungsi kostum untuk membedakan antara musuh dan kawan.Dalam pertandingan kostum juga digunakan tanda oleh wasit untuk membedakan sebuah team.Usahakan kostum futsal terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan membuat anda nyaman.

Untuk celana berupa celana pendek,namun khususny bagi kiper boleh menggunakan kostum celana futsal dengan celana panjang yang hampir mirip dengan training.

4.Kaos Kaki

Kaos kaki digunakan untuk menambah kenyaman saat memakai sepatu futsal.Selain itu fungsi kaos kaki sebagai pelindung kaki serta mempermudah pemakaian pelindung tulang kering yang diselipkan didalam kaos kaki.

5.Pelindung/Dekker

Pelindung atau dekker sangat penting anda gunakan dalam bermain futsal.Permainan terkadang sering terjadi kontak fisik.Sebaiknya gunakan pelindung kaki,tangan bahkan juga ada pelindung kepala.Untuk mendapatkan pelindung tersebut anda bisa membelinya diToko Olahraga.

6.Sepatu

Nah,sepatu memang sangat penting digunakan,dalam pertandingan resmi futsal tanpa sepatu tentu anda tidak akan diperbolehkan untuk bermain.Sepatu mempunyai fungsi untuk melindungi kaki anda.Pilihlah sepatu original karena desainnya yang sudah sesuai serta memberikan kenyaman saat anda melakukan pergerakan.Untuk sepatu original biasanya harganya lumayan mahal.

7.Handuk Kecil

Pada saat anda bermain futsal tentu banyak sekali mengeluarkan keringat.Handuk kecil yang lembut berfungsi untuk mengelap keringat yang anda keluarkan agar cepat kering.Ini hanya perlengkapan tambahan saja kalaupun anda tidak membawanya tidak masalah.

8.Gawang dan Jaring

Gawang digunakan untuk memasukkan bola.Biasanya gawang akan dijaga ketat oleh kiper dan pemain belakang.Untuk ukuran gawang tinggi 2m dan lebar 3 m yang dilengkapi dengan jaring.

Demikianlah beberapa perlengkapan dalam permainan futsal.Sebagian perlengkapan bisa anda dapatkan ditoko olahraga.Perlengkapan memang harus anda penuhi agar permainan futsal bisa terlaksana.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 8 PERLENGKAPAN WAJIB DALAM PERMAINAN FUTSAL

Posting Komentar

Back To Top