-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Minggu, 25 Januari 2015

TEHNIK MENGEMBALIKAN SERVIS LAWAN DALAM BULU TANGKIS

Tehnik pengembalian servis pada lawan sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulu tangkis.Arahkan kok kedaerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau kebelakang lapangan lawan.Prinsipnya dengan penempatan kok yang tepat,lawan akan bergerak untuk memukul kok itu sehingga ia terpaksa meninggalkan posisi strategisnya dititik tengah lapangannya.

Selain menguasai tehnik pengembalian servis lawan dalam sebuah permainan bulu tangkis,anda juga diharuskan menguasai tehnik pengembalian smash (return smash) dipastikan anda akan menguasai jalannya permainan.Lawan akan kuwalahan pada saat mengembalikan servis ke sudut sulit dan kamu pasti dengan leluasa untuk menyerang lawan.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan sebuah tehnik mengembalikan servis lawan dalam permainan bulu tangkis.

TEHNIK MENGEMBALIKAN SERVIS LAWAN

tehnik pengembalian servis

Dibawah ini beberapa cara mengembalikan kok pada saat lawan melakukan sebuah servis :

1.Dalam permainan tunggal,sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan tehnik pukulan keras dan tinggi kesalah satu sudut bagian belakang lapangan lawan,atau dengan tehnik pukulan endek (dropshot) ke sudut dengan lapangan lawan.

2.Hindari melakukan smesh keras tatkala berdiri pada posisi dibagian belakang lapangan
sendiri,Sebab pada posisi saat itu kurang menguntungkan  jika smesh dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan

3.Dalam permainan ganda,seharusnya kok dipukul terarah secara cepat,dan arah pukulan senantiasa  menukik jatuh kelapangan lawan atau ke bagian  tubuh lawan.

Setelah mengetahui tehniknya,sebaiknya anda juga harus mengetahui peraturan menerima servis,agar tidak terjadi kesalahan seorang pemain harus :

1.Berdiri diarea diagonal berlawanan dengan area servis tanpa menyentuh bagian garis belakang.

2.Jaga bagian kaki untuk tetap kontak dengan lapangan sampai kok telah dipukul oleh pemegang  servis.

3.Jangan membuat gerakan-gerakan yang sengaja mengganggu konsentrasi pemegang servis.

4.Jangan dengan sengaja memperlambat alur permainan dengan tujuan keuntungan yang tidak fair pada pemegang servis.

5.Jika kita berusaha untuk mengembalikan servis,kita harus memperhatikan untuk posisi bersiap.

6.Dalam nomor ganda,rekan kita berdiri dimana saja,asalkan ia tidak menghalangi pandangan penerima dan tidak mengganggu sisi penerima servis.

Demikianlah tehnik mengembalikan servis lawan dalam permainan bulu tangkis,selainitu anda juga dapat mengetahui aturan dalam menerima servis agar tidak terjadi pelanggaran yang tidak menguntungkan buat anda.Untuk menambah wawasan tentang bulu tangkis banyaklah membaca.Semoga bermanfaat.Terima kasih

Sumber (Buku Mahir Bulu Tangkis,Penulis Hermawan Aksan,Penerbit NUANSA CEDIKIA)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar TEHNIK MENGEMBALIKAN SERVIS LAWAN DALAM BULU TANGKIS

Posting Komentar

Back To Top