-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 14 Maret 2015

CARA BELAJAR RENANG GAYA PUNGGUNG DENGAN MUDAH

Cara Mudah Belajar Renang Gaya Punggung – Renang Gaya Punggung disebut juga dengan Back Crawl Stroke kebalikan dari renang gaya bebas (Crawl Stroke).Renang gaya punggung dilakukan dengan posisi terlentang dan punggung sebagai dasar posisinya.Gerakan dan irama ayunan kaki gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas,kalau gaya punggung posisinya terlentang sedangkan gaya bebas posisinya tertelungkup.Kemaren sudah saya jelaskan tentang Cara Mudah Renang Gaya Bebas yang Efisien.
Ayunan kaki gaya puggung sangat penting karena kontribusi gaya dorong terbesar diperoleh dari ayunan kaki ke depan di mana punggung telapak kaki melakukan tekanan pada air.Jika anda berenang dalam posisi terlentang (gaya punggung),anda dapat mengayunkan kaki lebih dalam sehingga ayunan kaki ke depan (ke atas) tersebut dapat lebih efisien.Ayunan kaki gaya punggung lebih dalam menghasilkan tenaga dorong lebih besar.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan sebuah Cara Mudah Belajar Renang Gaya Punggung.

GERAKAN KAKI DAN TANGAN RENAG GAYA PUNGGUNG

Di bawah ini akan saya jelaskan tahap demi tahap untuk melatih gerakan ayunan kaki dan tangan renang gaya punggung,yuk kita simak bersama-sama.

A.Ayunan Kaki Gaya Punggung

1.Posisi badan lurus terlentang dan tangan terjulur penuh ke sebelah atas kepala,anda bisa mengajak satu teman untuk memegang badan anda atau kepala anda agar posisi badan bisa lurus.

2.Ayunkan kaki secara vertikal dan berirama secra bergantian pergelangan kaki lemas sepenuhnya ayunkan kaki sedaam 20 sampai 24 kaki.

3.Lutut agak ditekuk maksimal 60 derajad,tekanan pada gerakan ke atas posisi lutut tidak menembus permukaan air,bentuk gunungan air bukan semburan air.

4.Gerakkan maju dengan lurus,dengan posisi teman memegang tangan sambil berjalan kebelakang,kalau gerakannya sudah bisa meluncur dengan cepat suruh teman melepaskan pegangannya.

B.Ayunan Tangan Gaya Punggung

1.Meluncur terlentang dengan posisi badan lurus dipermukaan air tangan terjulur di sebelah atas kepala

2.Tangan kanan diputar keluar,telapak tangan tertelungkup,tangkap dengan tangan sikut terangat tinggi ditekuk 90 derajad kayuh dengan lengan yang tertekuk pergelangan tangan di luruskan.

3.Luruskan sikut,tekuk pergelangan tangan kebelakang tean kebawah dengan tangan,luruskan tubuh dari posisi agak miring

4.Pulihkan tangan dengan lurus,telapak tangan tertelungkup,lemaskan pergelangan tangan putar lengan keluar jangkau ke depan,putar tubuh kemudian tangkap.

C.Kombinasi Gerakan Gaya Punggung

1.Persiapan dengan posisi tubuh meluncur terlentang tangan kanan terjulur,telapak tangan menghadap keluar kemudian ayunkan kaki dalam dua putaran.

2.Hitungan pertama mirigkan tubuh ke kanan,julurkan tangan kanan ayunkan kaki kiri ke atas

3.Hitungan kedua kayuh dengan tangan kanan,ayunkan kaki kanan ke atas,pulihkan dengan tangan kiri

4.Hitungan ketiga teruskan kayuhan tangan kanan,ayunkan kaki kiri,lanjutkan pemulihan tangan kiri.

5.Hitungan ke empat miringkan tubuh ke kiri selesaikan kayuhan tangan kanan,julurkan tangan kiri,ayunkan kaki kiri ke atas.

6.Hitungan ke lima mulai pemulihan tangan kanan,kayuh dengan tangan kiri,ayunkan kaki kiri ke atas

7.Hitungan ke enam pulihkan tangan kanan secara vertikal,kayuh tangan kiri,ayunkan kaki kanan ke atas

8.Hitungan ke tujuh miringkan ke tubuh ke kanan,masukkan tangan kanan ke air dan julurkan,selesaikan kayuhan tangan kiri,ayunkan kaki kiri ke atas.

Demikianlah Cara Belajar Renang Gaya Punggung Dengan Mudah.Setelah anda menguasai gerakan kaki dan kayuhan tangan,Segera latihan dengan gerakan kombinasi.Ingat untuk anda para pemula yang ingin belajar renang gaya punggung usahakan  mengajak satu teman untuk memegangi posisi anda pada saat melakukan latihan.Semoga bermanfaat,Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar CARA BELAJAR RENANG GAYA PUNGGUNG DENGAN MUDAH

Posting Komentar

Back To Top