-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 12 Maret 2015

PEMBELAJARAN MELUNCUR Dan MENGAPUNG PADA AQUATIK RENANG

Latihan Meluncur dan Mengapung Pada Aquatik Renang – Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Tehnik Meluncur dan Mengapung di dalam olahraga Renang admin mau bertanya kepada semua sahabat Olahraga Pedia.Apakah anda takut di dalam air ? mungkin sebagian orang ada yang takut dengan air,untuk menghilangkan itu sebenarnya sangat mudah sekali.Kalau anda pengen belajar olahraga renang syarat utama harus menghilangkan ketakutan di dalam air .Bagaimana caranya ? mudah saja anda cuku masuk didalam kolam renang,ingat cari tempat yang dangkal masukkan tubuh anda di dalam air selama beberapa detik kemudian muncul dipermukaan,ingat
setealah muncul dipermukaan tidak boleh mengusap wajah biarkan saja sampai airnya benar-benar hilang dan tidak mengganggu penglihatan.Lakukanlah berulang-ulang.

Selain menghilangkan ketakutan di dalam air ada tehnik mendasar yang harus dikuasai sebelum belajar berbagai macam gaya renang.Kemaren sudah saya jelaskan 6 macam gaya renang.Mungkin bagi anda Guru olahraga harus mengajarkan olahraga renang kepada anak didiknya.Itu wajib karena olahraga renang atau aquatik masuk dalam kurikulum sekolah.Untuk membantu tugas anda akan saya berikan sebuah latihan Meluncur dan Mengapung pada Aquatik Renang dan tentunya sangat mudah dipahami dan di lakukan.

LATIHAN MENGAPUNG


Untuk latihan mengapung ada beberapa metode yang harus dilakukan kepada anak didik,harus bisa disampaikan dengan jelas dan mudah di pahami.

1.Langkah pertama suruh anak didik masuk kedalam kolam dan pasrah di dalam air dengan berbagai posisi seperti tengkurap,terlentag,jongkok dan lain sebagainya.

2.Suruh anak didik duduk di dalam air dengan posisi kaki ditekuk dan tangan memegang erat kaki.Cara melakukannya sebelum anak menenggelamkan tubuhnya ambil nafas dahulu melalui mulut kemudian masuk kedalam air dengan posisi duduk sampil mengeluarkan nafas secara pelan-pelan sampai badan terangkat ke atas dan mengapung.

3.Kalau langkah di atas sudah bisa suruh anak didik mengapung di tempat dengan cara menggerakan tangan dan kaki.Gerakkan tangan setengah lingkaran dan posisi kaki agak di tekuk dan gerakkan kesamping kanan dan kiri.Untuk gerak tangan dan kaki dilakukan bersamaan.

LATIHAN MELUNCUR



Untuk latihan meluncur dapat dilakukan secara berkelompok,ataupun secara individual,perhatikan di bawah ini.

1.Langkah pertama suruh anak berbaris di dalam kolam renang kira dibagi menjadi 5 bagian.masing-masing baris agar menjaga jarak.

2.Sebelum mulai latihan ajarkan posisi tangan harus diatas kepala dan jari-jari dikaitkan posisi tangan harus lurus di belakang kepala.

3.Posisi kaki rapat dan dagu dilekatkan di dada jangan sampai lepas pada waktu meluncur.

4.Posisi tangan sampai kaki harus lurus

5.Mulai dari depan posisi jongkok tangan seperti yang saya sebutkan tadi mulai meluncur dan teman yang dibelakngnya mendorong sampai barisan yang paling belakang.

6.Lakukanlah sama seperti itu sampai urutan yang paling akhir,dan lakukan berulang-ulang sampai posisi badan benar-benar lurus.

7.Ingat pada saat melakukan gerakan meluncur posisi kepala hanya keliatan sedikit di bawah tangan dan muka berada di dalam air.

8.Setelah di rasa cukup bisa lakukanlah sendiri dengan cara posisi di tepi kolam jadikan tembok pinggir kolam sebagai tumpuan.Tolakkan kaki sekuat-kuatnya dengan posisi tangan dan badan seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Demikianlah Pembelajaran Meluncur dan Mengapung Pada Aquatik Renang.Untuk belajar renang harus dilakukan dengan sabar dan bertahap untuk mencaai hasil yang maksimal.Semoga bisa bermanfaat.Terima Kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar PEMBELAJARAN MELUNCUR Dan MENGAPUNG PADA AQUATIK RENANG

Posting Komentar

Back To Top