-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 12 Maret 2015

CARA MUDAH BERENANG GAYA BEBAS YANG EFISIEN

Cara Mudah Berenang Gaya Bebas Yang Efisien – Renang Gaya Bebas adalah satu-satunya gambaran mengenai berenang,gaya ini merupakan gaya yang tercepat dan berdasarkan gaya ini pula kehebatan berenang anda akan di nilai.Untuk berenang gaya bebas dengan baik anda harus ingat bahwa anda berenang bukan supaya tubuh anda tetap mengapung,tetapi bahwa daya apung tubuh anda akan selalu membuat tubuh anda mengapung,baik bila anda berenang maupun tidak.Oleh karena itu anda mulai berenang gaya bebas dengan posisi tertelungkup sambil meluncur dengan
santai.Kemudian kita akan lihat secara berurutan pola gerakan yang benar dari gerakan mengayun kaki,mengayuh,koordinasi tangan dan kaki serta pernapasan.

Renang gaya bebas (Crawl Stroke) berbeda dengan renang gaya dada (katak).Untuk pergerakan renang gaya dada agak sedikit lambat.Kemaren saya sudah jelaskan tentang Penyempurnaan Gerak Gaya Dada.Untuk belajar renang gaya bebas bukan asal-asalan kita harus mempunyai gerakan yang bisa meluncur mulus dan efisien.Bagaimana cara melatihnya? Olahraga Pedia akan menjawab pertanyaan anda tentang Cara Berenang Gaya Bebas Yang Efisien.

BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) YANG EFISIEN


Dalam belajar gerak renang gaya bebas ada tehniknya dan itu dibagi menjadi beberapa tahap,perhatkan dibawah ini :

1.Tehnik Meluncur

Sebelum melakukan renang gaya bebas anda harus menguasai gerakan meluncur secara sempurna.

2.Latihan Gerak Kaki

Untuk latihan Gerak Kaki renang gaya bebas bisa dilakukan sendiri maupun dengan seorang teman.Perhatikan baik-baik caranya :

Gerakan mengayun kaki pada renang gaya bebas harus teratur dan dinamis dan dilakukan secara santai dan rileks.Cara melatihnya posisi tangan berpegangan ditembok pinggir kolam posisi kaki lurus sampai pergelangan kaki kemudian gerakan naik turun dipermukaan air.Lutut anda harus berhenti bergerak kebawah pada kedalaman sekitar 9 inci.
Ingat untuk menggerakkan kaki harus posisi lurus,jangan digerakkan dengan posisi kaki nekuk.Gerakkan kaki dengan pangkal paha dan posisi lurus.

3.Latihan Gerak Tangan Gaya Bebas

Untuk melatih kayuhan tangan dapat di mulai dengan tangan kanan ataupun kiri.Supaya lebih jelasnya  saya akan menjelaskan gerakan tangan menggunakan tangan kanan lebih dahulu dan tangan tersebut akan mengayuh sesuai jalur huruf S.Mulailah mengayuh dari posisi meluncur tertelungkup dengan kedua tangan terjulur ke depan,telapak tangan sekitar 6 inci di bawah permukaan air.
Telapak tngan harus lemas dan jari-jarinya lurus.Jangan rapatkan jari-jari anda yang renggang tidak akan mengurangi tenaga kayuhan anda.tapi akan memungkinkan pelemasan tangan lebih baik lagi.Tekuk pergelangan tangan anda dan putar seluruh tangan ke dalam,jari-jari miring menunjuk kebawah dan keluar sekitar 45 derajad.Tekuk sedikit sikut anda pada saat memutar tangan sehingga telapak tangan anda sedikit menghadap keluar.Pertahankan posisi tangan dan sikut tersebut kuat-kuat dan gerakkan tangan anda ke arah luar sehingga telapan tangan anda bergerak miring sejauh 10-12 inci.

4.Latihan Pernapasan Gaya Bebas

Untuk melatih pernapasan dengan menolehkan kepala anda pada hitungan 1 atau 4 dan hirup nafas melalui mulut pada hitungan 2 atau 5.Tergantung apakah anda mau bernafas dari sisi kiri maupun kanan.Sesudah mengambil nafas masukkan muka kedalam permukaan air dan keluarkan secara pelan-pelan.Untuk pengambilan nafas pada renang gaya bebas hanya sekian detik saja.

PELAKSANAAN RENANG GAYA BEBAS (CRAWL)


Setelah menguasai gerakan mulai dari kaki,tangan maupun nafas dengan baik,sekarang kita mulai mengkombinasikan gerakan-gerakan tersebut.

1.Pada hitungan pertama ayunkan kaki kebawah,kaki kiri kayuh tangan kanan pada saat tangan kiri masuk ke air.Mulai putar bahu kanan ke atas hembuskan nafas secara erlahan-lahan.

2.Pada hitungan kedua ayun kaki ke bawah,kaki kaki kanan selesaikan kayuhan,tangan kanan putar bahu kanan ke luar permukaan air dan hembuskan nafas secara perlahan

3.Hitungan ke tiga ayun kaki ke bawah,kaki kiri pulihkan tangan tangan kanan,sikut terangkat tinggi,melewati tabung imajinasi,putar kepala dan bahu ke posisi tertelungkup dan hembuskan nafas secara perlahan.

4.Hitungan ke empat ayun kaki ke bawah,kaki kanan kayuh dengan tangan kiri pada saat tangan memasuki air,putar kepala dan bahu ke arah kiri dan hembuskan nafas kuat-kuat.

5.Hitungan ke lima ayun kaki ke bawah,kaki kiri,selesaikan kayuhan,tangan kiri,putar bahu kiri keluar dari permukaan air dan hirup nafas pada sisi sebelah kiri.

6.Hitungan ke enam ayun kaki ke bawah,kaki kanan pulihkan tangan kiri,sikut terangkat tinggi,melewati atas tabung imajinasi,putar kepala dan bahu ke posisi tertelungkup.

Demikianlah Cara Mudah Belajar Gerak Renang Gaya Bebas (Crawl).Kalau anda sudah menguasai gerakan diatas,saya jamin gerakan anda akan mulus dan bisa meluncur dengan cepat.Semoga bisa bermanfaat.Terima Kasih
SUMBER (BUKU RENANG TINGKAT MAHIR,PENULIS,Thomas,David G,Penerbit(penerjemah) PT Raja Grafindo Persada,Jakarta)
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar CARA MUDAH BERENANG GAYA BEBAS YANG EFISIEN

Posting Komentar

Back To Top