-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 07 Maret 2015

6 MACAM GAYA RENANG dan DEFINISINYA

6 Macam Gaya Renang dan Definisinya – Renang adalah salah satu cabang olahraga air yang banyak diminati sebagian orang di Dunia ini.Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan para manula juga ikut berolahraga renang.Renang adalah salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional,SEA GAMES,maupun Olympiade.Dalam perlombaan renang dibagi menjadi beberapa gaya mulai dari gaya bebas,dada,kupu-kupu dan lain-lain.
Mungkin anda pernah melihat perlombaan renang,gerakannya yang indah membuat anda terkagum-kagum,didalam hati anda bertanya? Gerakan-gerakan seperti disebut gaya pa ya? Di dalam olahraga renang dibagi menjadi beberapa macam gaya seperti gaya bebas,gaya dada,gaya kupu-kupu,gaya punggung,gaya miring maupun gaya trudgen.Setiap gaya pasti mempunyai gerakan yang berbeda,untuk menjawab pertanyaan anda dibawah ini Olahraga Pedia akan menjelaskan secara detail 6 Macam-Macam Gaya Renang dan Definisinya.

6    MACAM GAYA RENANG


1.Renang Gaya Bebas

Definisi renang gaya bebas adalah gerakan didalam air dengan posisi meluncur dan tubuh dalam keadaan mengapung dengan ayunan kaki yang berirama dengan pangkal paha dan gerakan tangan yang yang mengayuh seperti huruf S dan pernapasan yang diambil satu arah dengan cara menongokkan kepala sedikit kepermukaan air dalam waktu sekian detik.

2.Renang Gaya Punggung

Definisi renang gaya punggung adalah gerakan didalam air dengan keadaan mengapung denga gerakan kaki seperti gaya bebas akan tetapi posisinya terbalik dengan kepala menghadap permukaan sedangkan untuk gerakan tangannya terjulur diatas kepla seperti buat bantalan kepala dan telapan tangan menghadap keluar.

3.Renang Gaya Kupu-Kupu/Lumba-Lumba

Definisi dari renang gaya kupu kupu atau lumba-lumba adalah suatu gerakan didalam air dengan posisi terapung untuk gerakan kakinya seperti gerakan lumba-lumba sedangkan gerakan lengan,sikut,telapak tangan menghadap keatas pulihkan tangan hadapkan telapak tangan ke arah bawah dan cara pengambilan nafasnya pada saat pergerakan tangan dengan mengangkat kepala keluar dari permukaan air.

4.Renang Gaya Dada atau Katak

Definisi renang gaya katak atau gaya dada adalah suatu gerakan didalam air dengan posisi mengapung untuk pergerakan kaki mengangkat sampai lutu dibuka sedikit lalu ditendangkan dan menutup lagi sedang kan gerakan tangan setengah lingkaran untuk pengambilan nafas kepala keluar dari dalam air.Renang gaya ini hampir mirip dengan katak saat berenang di dalam air.

5.Renang Gaya Miring

Definisi renang gaya miring adalah suatu gerakan yang dilakukan didalam air dalam posisi agak miring dengan badan terapung dan gerakan kaki seperti menggunting dengan gerakan tangan dibawah dijulurkan di depan sementara tangan yang di atas diletakkan disisi tubuh,lekuk sedikit telapak tangan yang terjulur di depan dalam posisi untuk mengayuh kebelakang secara horisontal.

6.Gaya Trudgen

Definisi gaya trudgen merupakan kunci penghubung antara gaya dada dengan gaya bebas dan dimasa sekarang gaya ini digunkan oleh banyak orang mengira mereka sedang melakukan gaya bebas.Gaya ini menggunakan versi kayuhan tangan atas yang mudah dan tidak melelahkan .

Demikianlah 6 Macam Gaya Renang dan Definisinya.Untuk menambah wawasan anda silahkan banyak membaca buku dan bertanya kepada atlit-atlit renang yang berpengalaman.Kalau anda ingin berlatih gaya diatas bisa dilakukan dengan menggunakan jasa pelatih yang profesional agar hasilnya memuaskan.Cukup Sekian.Terima Kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 6 MACAM GAYA RENANG dan DEFINISINYA

Posting Komentar

Back To Top