-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 06 Januari 2016

6 TEHNIK DASAR DALAM PERMAINAN FUTSAL

Olahraga Pedia Apa saja tehnik dasar dalam permainan Futsall ? Salah satu tips bermain futsal adalah mengusai tehnik dasar.Pembekalan skill/tehnik dasar yang baik tentu akan meningkatkan permainan anda.Seorang pemain tidak hanya sekedar bisa menendang bola tapi juga diperlukan keahlian dala menguasai atau megontrol bola.Pemain harus merasakan bahwa bola adalah bagian dari dirinya.Pemain yang memiliki skill atau tehnk dasar yang baik cenderung dapat bermian sepakbola dengan baik pula.

Selain tehnik dasar seorang pemain futsal harus mengetahui prinsip dasar permainan futsal.Apabila prinsip dasar dan tehnik dikuasai dengan baik baik tentu anda akan menjadi seorang pemain futsal yang hebat.Ada beberapa macam skill/tehnik dasar yang harus dimiliki seorang pemain futsal.Lihat dibawah ini :

MACAM-MACAM TEHNIK DASAR PERMAINAN FUTSAL

1.Menendang (Kicking)

Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan futsal yang paling dominan.Pemain yang memiliki tehnik menendang dengan baik otomatis akan dapat bermain secara efisien.Tujuan menendang bola adalah untuk mengoper (passing),menembak ke gawang (shooting) dan menyapu untuk menggagalkan lawan (sweeping).Dalam melakukan tendangan bisa dilakukan dengan punggung kaki,punggung kaki bagian dalam ,kaki bagian dalam.

2.Menerima /Menghentikan bola

Tujuan utama menerima atau menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola yang termasuk di dalamnya untuk mengatur tempo permainan,mengalihkan laju permainan dan mempermudah untuk passing.

3.Menggiring Bola

Menggiring bla adalah menendang bola terputus-putus atau pelan.Menggiring bola bertujuan untuk mendekati jarak ke sasaran,melewati lawan,dan menghambat permainan.Kaki yang digunakan  dalam mengiring bola sama dengan kaki yang digunakan untuk menedang bola antara lain menggiring bola dengan kaki bagian dalam,menggiring bola menggunakan kaki bagian luar,dan menggiring bola dengan punggung kaki.

4.Menyundul Bola (Heading)

Tujuan menyundul bola dalam permainan futsal adalah untuk mengoper,mencetak bola dan mematahkan serangan lawan atau membuang bola.Banyak gol tercipta dari hasil sundulan kepala.Pemain harus belajarmenyundul menggunkan dahi.Menyundul bola dapat dilakukan sambil berdiri dan sambil meloncat.

5.Lemparan Dalam (Throw In)

Ketika bola melewati garis lapangan,pemain akan melakukan lemparan kedalam.Berikut aturan tentang lemparan kedalam yang benar yaitu :

a.Pelempar harus memegang bola dan melemparkannya dengan kedua tangan
b.Posisi bola harus berada dibelakang kepala dan dilepas melewati kepala.
c.Kedua kaki tidak boleh bergerak selama melakukan lemparan
d.Posisi badan harus sesuai dengan arah lemparan

6.Merampas Bola (Tackling)

Merampas bola merupakan upaya untuk merebut bola dari penguasaaan lawan.Merampas bola dapat dilakukan dengan sambil berdiri (standing tackling) dan sambil meluncur (sliding tackle).

Demikianlah beberapa macam tehnik dasar dalam permainan futsal yang harus anda ketahui.Tehnik dasar merupakan kunci dalam suatu permainan.Penguasaan tehnik dasar yang baik dan benar akan membuat permainan anda menjadi meningkat.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 6 TEHNIK DASAR DALAM PERMAINAN FUTSAL

Posting Komentar

Back To Top