-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 06 Januari 2016

CARA MENENDANG MENGOPER DAN MENGONTROL BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL

Olahraga Pedia – Dalam permainan futsal pasti ada istilah mengoper,menendang dan menghentikan bola.3 aspek tersebut harus anda kuasai dengan benar.Pada saat anda bermain futsal tentu akan banyak melakukan passing kepada teman se team anda dan melakukan shooting kegawang lawan.Selain itu anda juga harus bisa mengontrol bola dengan baik apabila tehnik mengontrol bola anda jelek tentu akan sangat mudah direbut oleh lawan anda.

Untuk melalukan tendangan maupun kontrol bola bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti mengontrol bola menggunkan punggung kaki,menendang bola menggunkan kaki bagian dalam dll.Untuk admin akan jelaskan bagaimana cara melalukan operan maupun tendangan dengan baik dan benar.

CARA MENENDANG MENGOPER DAN MENGONTROL BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL

CARA MENENDANG /MENGOPER BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL

1.Menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam

Pada umumnya tehnik menendang dengan kaki bagian dalam digunakan untuk megoper jarak pendek (short passing).Analisi gerakannya adalah sebagai berikut :

a.)Badan menghadap sasaran dibelakang bola

b.)Kaki tumpu berada disamping bola,lutut sedikit ditekuk dan kaki tendang ditarik kebelakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.

c.)Perkenaan kaki pada bola tepat pada mata kaki dan tepat di tengah-tengah bola setelah menedang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola.

2.Menendang Dengan Punggung Bagian Dalam

Pada umunya tehnik menendang dengan kaki bagian menedang dengan punggung kaki bagian dalam digunakan untuk mengoper jarak jauh (long passing).Grakannya adalah sebagai berikut :

a.)Posisi badan berada di belakang bola,sedikit serong.Kaki tumpu diletakkan di samping bola.Posisi kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.Perkenaan kaki pada bola tepat di punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola dan pada saat kaki mengenai bola pergelangan kaki ditegangkan.

b.)Setelah menendang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola.

3.Menendang Dengan Punggung Kaki

Biasanya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang (shooting at the goal ).Gerakannya adalah sebagai berikut :

a.)Badan di belakang bola sedikit condong ke depan,kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran dan lutu sedikit ditekuk.

b.)Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke sasaran dan kaki tendang tarik kebelakang dan ayunkan ke depan.Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan teat pada tengah tengah bola.Setelah menedang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola.

CARA MENERIMA/MENGONTROL BOLA DALAM FUTSAL

1.Menerima Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

a.)Posisi badan segaris dengan datangnya bola dan kaki  tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk.

b.)Kkai penghenti diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan ke depan segaris dengan adatangnya bola.

c.)Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam dan kaki peghenti bersama bola berhenti dibawah badan (terkuasai)

2.)Menghentikan Bola Dengan Punggung Kaki

a.)Posisi badan menghadap datangnya bola dan kaki tumpu berada pada garis datangnya bola dengan lutut sedikit ditekuk.

b.)Kaki penghenti diangkat sedikit dan dijulurkan sedikit kedepan menjemput datangnya bola dan bola menyentuh kaki persis dipunggung kaki.

3.Menghentikan Bola Dengan Telapak Kaki

a.)Posisi badan lururs dengan arah datangnya bola dan kaki tumpu berada pada garis datangnya bola dengan lutut sedikit ditekuk

b.)Kaki penghenti diangkat sedikit dengan telapak kaki dijulurkan menghadap kesasaran dan pada saat bola masuk kekaki,ujung kaki diturunkan sehingga bola berhenti di depan badan.

4.)Menghentikan Bola Dengan Paha

a.)Posisi badan menghadap datangnya bola  dan kaki tumpu berada pada garis datangnya bola dengan lutut sedikit ditekuk.

b.)Paha diangkat tegak lurus dengan badan ditekuk tegak lurus dengan paha dan bola mengenai paha tepat pada tengah-tengah paha lutut dan pangkal paha.

5.Menghentikan Bola Dengan Dada

a.)Posisi badan menghadap datangnya bola dan kedua kaki dibuka selebar bahu dengan kedua lutut sedikit ditekuk

b.)Dada sedikit dibusungkan ke depan menghadap arah datangnya bola dan perkenaan bola pada dada tepat ditengah-tengah dada.

Demikianlah cara mengoper,menedang danmengontrol bola dalam permainan futsal.Dengan tehnik-tehnik diatas apabila anda kuasai dengan baik tentu akan meningkatkan permainan anda.Anda harus melatihnya dengan tekun dengan menggunkan tehnik yang benar.Semoga bermanfaatTerima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar CARA MENENDANG MENGOPER DAN MENGONTROL BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL

Posting Komentar

Back To Top