-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Senin, 13 Maret 2017

30 Istilah Kata dalam Permainan Olahraga Bola Voli

Olahraga Pedia – Bola voli salah satu permainan bola besar yang di mainkan oleh 2 tim,masing-masing tim memiliki 6 pemain inti.Stiap pemain bola voli memiliki nama dan tugas masing-masing.Permainan bola voli memang sangat populer di Indonesia ,khususnya kalangan anak muda.Hal ini terbukti dengan banyaknya turnamen bola voli yang di adakan baik tingkat desa,kota maupun National dan bahkan International.Dalam permaian bola voli banyak sekali istilah kata yang digunakan dalam pertandingan.

Mungkin bagi Anda para pemula ,istilah kata tersebut masing terasa asing di telingan Anda .Misalnya serve,smash ,libero dll.Lalu apa maksud dari istilah kata tersebut.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan beberapa istilah kata yang digunakan dalam pertandingan bola voli lengkap dengan penjelasannya.Yuk perhatikan di bawah ini :

1.Cover Close

Adalah istilah yang digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus yang bertubi-tubi.

2.Cover for Attact atau Cover for deverence

Adalah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.

3.Deciding game

Adalah istilah yang dipakai pada waktu pertandingan penentuan.

4.Deciding set

Adalah istilah yang dipakai pada waktu akhir pertandingan yang menentukan, biasanya pada akhir penentuan.

5.Double Fault

Adalah istilah yang dipakai sebab adanya kesalahan bersama.

6.Double hit

Adalah istilah yang digunakan buat pukulan ganda yang dilakukan oleh salah seorang pemain.

7.Driving Service

Adalah istilah yang diberikan kepada bola servis yang bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.

8.Dum Play

Adalah istilah buat bola tipuan pen-smash yang dipukul pelan.

9.Floating Servise

Adalah istilah yang digunakan pada pukulan servis dengan arah yang bergelombang.

10.Serve

Aalah istilah atau bahasa yang digunakan pada waktu pukulan pertama.

11.Out-Ball

Adalah istilah atau bahasa yang digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.

12.Over-Ball

Adalah istilah atau bahasa yang digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita yang melakukan servis.

13.Block

Yang dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa yang digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan.

14.Change of Court

Adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.

15.Change of position

Adalah  istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.

16.Libero

Adalah pemain belakang yang khusus untuk mengambil bola pertama serta menjaga pertahanan dari serangan musuh.Namun libero tidak boleh melakukan service,smash maupun blocking.

17.Spike

Adalah pukulan yang kuat dan di arahkan dengan keras yang digunakan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan lawan.

18.Transisi

Adalah pergantian tim dari bertahan ke menyerang atau dari menyerang ke bertahan selama permainan.Atau pemain yang berganti posisi menyerang ke posisi bertahan.

19.Substitusi

Adalah seorang pemain masuk ke dalam pertandingan untuk menggantikan pemain lain.

20.Rally

Adalah serangkaian permainan yang terns menerus bolak balik melewati jaring yang di mulai dengan serve clan berakhir ketika bola dinyatakan sebagai bola coati.

21.Screen

Adalah Suatu tindakan tidak sah yang melibatkan satu atau lebih pemain dari tim yang melakukan servis dengan mencoba untuk menghalang-halangi penerima servis melihat pemain yang melakukan servis atau jalur servis bola. Tindakan ini termasuk melambaikan tangan, melompat atau bergeser untuk menyembunyikan pemain servis.

22.Loss of rally

Adalah Hukuman yang diberikan ketika tim yang melakukan servis melanggar peraturan. Lawan diberi kesempatan servis, dan sebuah nilai.

23.Pepper

Adalah Latihan di mana para pemain melakukan passing, mengumpan dan memukul bola bolak-balik ke arch satu sama lain. Sering disebut dengan latihan pemanasan. perimeter — Suatu jenis pertahanan yang digunakan untuk mempertahankan area yang dekat dengan batas lapangan.

24.Digging

Adalah Teknik yang digunakan oleh seorang pemain bertahan untuk menjaga, bola pukulan keras atau lambat agar kembali naik dan dapat dimainkan ketika pemain bertahan hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi clan menempatkan diri. Pemain bertahan biasanya akan menggunakan passing bawah atau suatu variasi dari passing ini untuk melakukan digging terhadap bola.

25.Lift

Adalah pelanggaran (kontak tidak sah) yang terjadi ketika pemain memegang bola.

26.Line up

Adalah daftar pemain tim inti dalam posisi yang akan mereka mulai dalam pertandingan. Lineup menentukan rotasi pemain atau urutan servis di sepanjang pertandingan.

27.Down the line

Adalah  serangan di mana bola dipukul dari garis tepi penyerang dan melaju lurus di sepanjang garis tepi lawan yang sama

28.Roll Shot

Adalah suatu pukulan lemah (off-speed) yang dilakukan pemain dengan menyentuh bola dengan lemah, dengan topspin yang lambat, mengarahkannya ke suatu area lapangan yang terbuka. Disebut juga off-speed spike.

29.Tosser atau setter

Adalah nama posisi pemain yang bertugas mengatur irama permainan,atau sebagai pengumpan kepda smasher dalam permianan bola voli.Seorang tosser harus cerdik dan bisa mengecoh block lawan.

30.Net

Adalah jaring yang membentang di tengah lapangan bola voli untuk membatasi setiap tim.Dalam permainan bola voli bola harus melewati net atau bola menyentuh net tapi menyebrang di area lawan juga diperbolehkan.

Nah,demikianlah 30 istilah-istilah kata dalam permainan bola voli.Semoga dengan adanya artikel diatas mbisa menambah wawasan kita tentang bola voli.Artikel bersumber dari wikipedia.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 30 Istilah Kata dalam Permainan Olahraga Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top