-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Senin, 13 Maret 2017

10 Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bola Voli

Olahraga Pedia – 10 Perlengkapan dan Peralatan dalam Permainan Bola Voli - Bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang membutuhkan kerjasama tim dalam memainkannya.Permainan bola voli di bagi menjadi 2 macam,yaitu bola voli biasa dan bola voli pantai.Bola voli biasa adalah bola voli yang di mainkan di lapangan atau di dalam gelanggang olahraga khusus voli.Olahraga bola voli di mainkan oleh 2 tim ,yang mana masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain inti.

Dalam semua cabang olahraga permainan pasti membutuhkan sarana dan prasaran agar permainan bisa berjalan dengan baik dan lancar,tak terkecuali bola voli.Ada beberapa perlengkapan wajib yang harus Anda penuhi dalam permainan bola voli.Di bawah ini Olahraga Pedia akan memberikan beberapa perlengkapan dalam permainan bola voli.

Peralatan dan Perlengkapan dalam Permainan Bola Voli

1.Lapangan permainan

Lapangan merupakan perlengkapan voli yang utama. Jika tak ada lapangan, maka Anda tak akan bisa melakukan olahraga ini dengan leluasa. Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter kali 18 meter. Untuk garis batas serang pemain belakang setidaknya harus berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangannya adalah 5 cm.

2.Bola voli

Perlengkapan yang kedua adalah bola voli. Berdasarkan standar nasional, bola voli harus memiliki keliling lingkaran sebesar 65 hingga 67 cm dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya hanya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26 hingga 4.61 psi, 294.3 hingga 318.82 mbar atau hPa) jangan sampai kurang dan jangan sampai melebihinya.

3.Net atau jaring

Perlengkapan voli selanjutnya yang tak kalah penting adalah sebuah net. Berdasarkan standart ukuran yang telah disepakati secara nasional, maka tinggi net untuk permainan bola voli untuk laki-laki dan perempuan adalah tidak sama. Ukuran tinggi untuk net laki-laki adalah 2,44 meter, sedangkan untuk net putri adalah 2,24 meter.

4.Kaos team

Kaos team wajib Anda kenakan saat mengikuti turnamen bola voli.Biasanya kaos tim bola voli di anjurkan mempunyai warna dan nomor punggung.Pilihlah kaos bola voli dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman di pakai.Untuk libero biasanya warna kaos berbeda dengan rekan setimnya.

5.Sepatu bola voli

Nah,Anda juga wajib mengenakan sepatu bola voli.Pilihlah sepatu bola voli yang memang didesain untuk bermain bola voli.Biasanya sepatu bola voli yang asli harganya cukup lumayan mahal,namaun sangat nyaman di pakai unttuk melakukan pergerakan dan tidak licin.

6.Mengenakan kaos kaki

Selain kaos kaki Anda juga harus mengenakan yang namanya kaos kaki,agar lebih nyaman saat mengenakan sepatu.Pilihlah kaos kaki yang yang pas dengan sepatu kalian.

7.Wasit,hakim garis dan pencatat skor

Dalam suatu pertandingan harus dipimpin oleh seorang wasit untuk memimpin jalannya pertandingan.Selain itu penjaga garis kanan dan kiri untuk mengamati jatuhya bola.Dan pencatat skor untuk mencatat jumlah point yang di hasilkan.Biasanya mereka mengenakan sragam khusus dan resmi dari perwasitan bola voli.

8.Papan Skor

Papan skor juga harus disediakan,agar memudahkan petugas pencatat skor untuk mencatat point dalam pertandingan bola voli.

9.P3K

Selain itu Anda juga harus menyediakan P3K.Mengapa ? dalam suatu pertandingan kita harus berjaga-jaga.Jika ada salah satu pemain yang mengalami cidera bisa segera di tangani.

10.Pelindung atau dekker

Setiap pemain boleh menggunakan pelindung lutut maupun lengan.Hal ini sangat bagus agar Anda terhindar dari cidera.Disarankan agar Anda memakai pelindungi yang nyaman,untuk melakukan pergerakan.

Nah,demikianlah 10 perlengkapan dalam permainan bola voli,mungkin di teman-teman olahraga pedia ada yang mau menambahkannya,silahkan melalui kolom komentar.Semoga bermanfaat.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 10 Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top