-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 15 Maret 2017

7 Langkah Cara Melakukan Tehnik Service Bawah Bola Voli

Olahraga Pedia 7 Langkah Cara Melakukan Tehnik Service Bawah (Underhand Serve)  Bola Voli dengan Baik dan Benar - Dalam permainan olahraga bola voli diperlukan koordinasi tim yang bagus,serta tehnik dasar yang harus Anda kuasai.Tehnik dasar tersebut meliputi tehnik smash,passing,blocking,service dll.Olahraga bola voli memang sangat populer khusunya di kalangan anak muda.Mungkin bagi Anda para pemula masih harus banyak berlatih untuk bisa memainkan permainan ini.Sebut saja service bola voli,kelihatannya mudah,namun Anda belum tentu bisa melakukannya dengan baik.

Dalam bola voli service di bagi menjadi 3 bagian yaitu service bawah,atas dan jumping service.Biasanya untuk para pemula menggunakan service bawah.Baik pria maupun wanita saat pertama kali Anda mengenal permainan ini harus belajar dari service bawah terlebih dahulu.Anda harus bisa melakukannya dengan baik,paling tidak bola jatuh di area lawan.Mengapa ? Karena service merupakan tindakan untuk memuai permainan bola voli,jika Anda tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh akan merugikan tim kalian,karena lawan akan mendapatkan point secara Cuma-Cuma.Dibawah ini akan Olahraga Pedia akan memberikan penjelasan cara melakukan service bawah dengan baik dan benar dalam olahraga bola voli.

7 Cara Melakukan Tehnik Service Bawah Bola Voli

Cara Melakukan Tehnik Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli


1.Ambil sikap (posisi)

Rentangkan kaki Anda selebar bahu,namun kaki Anda dalam posisi (up-anda-back).Maksudnya apa ? posisi satu kaki lebih maju.Pada posisi ini pastikan kedua kaki melekat pada permukaan dan tidak beridir jinjit.Mulailah dengan meindahkan berat badan ke kaki bagian belakang,sembari mempertahankan posisi berdiri dengan kaki depan menapak sepenuhnya dipermukaan tanah.

2.Peganglah bola

Anda harus memegang bola menggunakan satu tangan,dengan menempatkan bola di telapak tangan yang menghadap ke atas.Tangan satunya berada di samping badan.Peganglah bola dengan tangan lurus,jangan menggenggam terlalu erat.

3.Periksa posisi tubuh

Tubuh bagian atas dan kedua bahu harus condong ke depan,serta kedua mata selalu tertuju pada bola.

4.Buat kepalan

Tangan satu memegang dngan lembut untuk menahan bola di depan tubuh Anda.Tangan satunya membuat kepalan.Caranya tutup jari-jari Anda ke dalam dan jempol menempel di samping kepalan.

5.Ayunkan lengan

Ayunkan lengan dengan posisi nomor.4 ,namun jangan tarik lengan ke belakang terlalu jauh sebelum mengayun.Jarak tarikan ke belakang sama dengan jarak ayunan ke depan.Contoh jika ingin mengayunkan lengan ke depan sejauh 20 cm ,tarik lengan depan sejauh 20 cm dari posisi awal.

6.Pukul bolanya

Fokus membidik bola pada bagian tengah ,agar bola bisa melambung ke arah atas dan melewati net.Lepaskan bola dan pukul dengan menggunakan ayunan tangan satunya,posisi mengepal tepat mengenai bagian tengah bola.

7.Atur tenaga dan feeling

Pada saat memukul bola Anda harus mengatur tenaga Anda.Jangan sampai terlalu keras,bisa-bisa bola keluar dari area lapangan lawan.Selain itu Anda harus menggunakan feeling,di mana bola mau Anda tempatkan.

Nah,demikianlah langkah-langkah melakukan tehnik service bawah dalam permainan bola voli.Service ini di khusukan bagi Anda para pemula,apabila Anda sudah mahir dalam melakukan service bawah,Anda bisa memulai latihan service atas.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 7 Langkah Cara Melakukan Tehnik Service Bawah Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top