-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 15 Maret 2017

Cara Mudah Melakukan Service Cekis dan Mengapung dalam Bola Voli

Olahraga Pedia – Cara Melakukan Service Cekis dan Mengapung dalam Permainan Bola Voli - Dalam permainan bola voli untuk memulai pertandingan di mulai dari service.Dalam melakukan service ,harus dilakukan dengan fokus dan sungguh-sungguh.Tempatkan bola pada area lawan yang kosong atau pemain lawan yang lemah passingnya.Hal itu salah satu bentuk strategi agar lawan kesulitan membangun serangan.Namun bagi Anda para pemula sebaiknya berlatih terlebih dahulu dari tehnik service bawah.

Setelah Anda lihai dalam melakukan service bawah,bisa naik level berlatih service atas.Tehnik service atas biasanya di gunakan oleh pemain voli profesional.Pernah melihat turnamen bola voli ? pasti kebanyakan pemain melakukan service atas,mulai dari service cekis,service mengapung dan basic overhand serve.Bahkan tak jarang dari mereka melakukan jumping serve.Pada kesempatan kali ini olahraga pedia akan membahas tentang cara melalukan tehnik service cekis ,basic overhand serve,dan service mengapung dalam permainan bola voli.Perhatikan di bawah ini:


Cara melakukan service mengapung (overhand float serve)


1.Tempatkan kaki pada posisi yang tepat

Posisi kaki selebar bahu,dengan salah satu kaki non dominan berada di depan.Arahkan kedua kaki dan badan ke tempat Anda mengarahkan service.Hal ini akan mensejajarkan badan dan memberikan kekuatan maksimal.Berat badan harus tertumpu pada kaki belakang.

2.Rentangkan salah satu tangan lurus ke depan untuk memegang bola

Gunakan salah satu tangan kalian untuk memegang bola di telapak tangan.Telapak tangan hanya sebagai pegangan atau tumpuan agar bola tidak jatuh ke tanah.Tangan satunya berada di samping badan.

3.Bersiaplah untuk melempar bola ke atas.

Lemparkan bola di atas kepala dengan cara melemparkannnya ke atas kira-kira setinggi 30-50 cm.Pastikan bola terlempar ke atas,jangan menyamping.Karena kalau lemparan bola sampai ke samping akan menghilangkan keseimbangan Anda.Tarik siku tangan yang memukul ke belakang sampai terangkat sedikit di atas telinga.

4.Mulai memukul bola

Jaga jari-jari tangan Anda selalu terbuka dan pukul menggunakan bagian pangkal telapak tangan atau buat tangan setengah terkepal. Dorong ke depan dengan tangan, sehingga bola dipukul nyaris tanpa pelintiran karena servis mengapung yang diinginkan.


Cara melakukan service cekis (overhand topspin serve)


1.Ambil sikap yang benar

Posisi dalam melakukan service ini sama seperti Anda melakukan service mengapung.Berat badan menumpu pada kaki belakang dan badan agak condong ke depan.Rentangkan lurus tangan yang memegang bola .Tarik lengan satunya untuk memukul bola dengan siku menunjuk ke belakang,sekitar ketinggian mata.

2.Siap untuk melempar bola

Lemparkan bola seperti Anda melakukan lemparan service mengapung,namun dalam service cekis lemparan paling tidak setinggi 47 cm dari posisi awal.Ingat Anda harus melempar bola lurus jangan menyamping untuk menjaga keseimbangan.Walaupun dalam melakukan lemparan bola service cekis lebih tinggi daripada service mengapung,namun jangan di lempar terlalu tinggi.

3.Tarik lengan kebelakang untuk bersiap memukul bola


Gunakan pose yang sama seperti memukul service mengapung,dengan posisi siku di atas telinga dan belakang kepala.

4.Segera ayunkan lengan ke depan untuk memukul bola

Pukulah bola ke arah bawah dengan tangan terbuka. Saat mengayunkan lengan, badan akan berputar, sehingga bahu lengan yang melempar akan berpaling menjauh dari bola.Sentakkan pergelangan tangan ke arah bawah, sehingga jari-jari menghadap ke arah lantai. Lakukan ini saat melakukan kontak dengan bola untuk mendorongnya ke depan.

Lengan sepenuhnya melakukan follow through dalam servis ini, sehingga tangan akan berhenti jauh lebih rendah daripada posisi awal bola.Pukulan diakhiri dengan berat badan bergeser ke kaki depan.

Nah,demikianlah cara melakukan service cekis dan service mengapung dalam permainan bola voli.Dalam melakukan service ini,Anda harus melatihnya dengan sungguh-sungguh.Selain itu filling juga di gunakan dalam service tersebut.Agar lemparan dan pukulan bisa tepat saat melakukan service ini.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Cara Mudah Melakukan Service Cekis dan Mengapung dalam Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top