-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 08 Maret 2017

Libero Bola Voli : Pengertian,Kriteria Beserta Aturannya

Olahraga PediaPengertian Pemain Libero Bola Voli Legkap dengan Kriteria dan Aturannya - Dalam permainan bola voli ada salah satu posisi yang disebut dengan libero.Untuk seorang libero tidak memerlukan postur tubuh yang tinggi,melainkan keterampilan passing yang hebat.Libero adalah salah satu pemain betahan dalam bola voli yan bertugas untuk menerima,mengumpan kepada toser maupu menahan serangan lawan.Dalam suatu pertandingan serangan lawan terkadang tidak isa diprediksi untuk itu pemain libero harus selalui siap dalam kondisi apapun.

Memang benar,seorang libero di tuntut agar lincah dan dapat mengambil bola baik dari passing baah dan atas dengan baik dan sempurna.Pemain libero dalam bola voli posisinya sangatlah dinamis,namun pemain libero di larang melakukan service maupun smash.Bagi Anda yang sering melihat turnamen bola voli pasti tau posisi seorang libero.Biasanya mereka memakai costum berbeda dari rekan se timnya.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan aturan,pergantian pemain,ketentuan dan krteria libero dalam bola voli.Perhatikan di bawah ini .

 Pengertian Pemain Libero Bola Voli Legkap dengan Kriteria dan Aturannya

Beberapa Kriteria yang Harus di Miliki Seorang Pemain Libero


1.Mempunyai pergerakan yang lincah dan kekuatan atau insting untuk menahan gempuran dari lawan,baik datangnya dai service maupun smash.

2.Mempunyai pertahanan yang sangat kuat.

3.Tehnik passing (atas maupun bawah ) dapat di lakukan dengan baik,mengingat libero adalah salah satu kunci pemain untuk melaukan serangan.Bola pertama biasanya di ambil seorang libero dan di berikan tosser.

4.Mempunyai semangat tinggi dan tidak mudah menyerah.

Pergantian Pemain Libero Saat Permainan Bola Voli Sudah Berjalan


1.Untuk jumlah pergantian yang bisa dilakukan pemain libero tidak terbatas, namun dalam pergantiannya  harus diselingi dengan 1 reli diantara pergantian tersebut.

2.Pergantian pemain libero hanya bisa dilakukan pada saat awal setiap set dimana wasit II sedang melakukan pengecekan posisi pemain, pada saat bola mati atau sebelum wasit I meniup peluit untuk dilakukan servis.

3.Pemain libero hanya diperkenankan keluar masuk lapangan permainan melewati garis samping di depan bangku cadangan diantara garis serang dan garis akhir.

Ketentuan dan Aturan Pemain Libero dalam Permainan Bola Voli


1.Untuk pemain libero hanya bisa bermain sebagai pemain belakang dan tidak diperbolehkan melakukan pukulan smash atau serangan semacamnya apabila pada saat perkenaannya bola berada lebih tinggi dari ketinggian net.

2.Pemain libero juga tidak diperbolehkan melakukan servis, ataupun usaha untuk menahan serangan lawan dengan membendung (melakukan blocking).

3.Pemain depan tidak diperkenankan melakukan pukulan yang mana pada saat perkenaannya bola tersebut berada lebih tinggi dari ketinggian net, hal seperti ini berlaku apabila bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan pemain libero dengan passing atas. Namun bila bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan libero dengan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.

4. Pemain libero bisa menggantikan setiap pemain yang sedang berada pada posisi belakang.

Nah,demikianlah beberapa aturan ,ketentuan,pergantian kriteria untuk menjadi pemain libero.Dengan adanya artikel di atas semoga bisa menambah wawasan Anda dalam perminan bola voli.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Libero Bola Voli : Pengertian,Kriteria Beserta Aturannya

Posting Komentar

Back To Top