-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 01 Maret 2017

Tehnik Memberi Umpan Dalam Permainan Bola Voli

Olahraga PediaMacam -macam Tehnik Mengumpan Dalam Permainan Bola Voli - Bola voli adalah satu olahraga permainan bola besar yang dimainkan oleh sebuah team.Untuk 1 team terdiri bola voli terdiri dari 6 orang,dan setiap orang mempunyai tugas masing-masing.Misalnya ada yang bertugas menjadi tosser,penyerang maupun libero.Permainan ini membutuhkan skill dan koordinasi team yang baik.Jika kalian ingin menyusun penyerangan yang terkoordinir,hal pertama yang harus Anda tekankan adalah passing.Pengambilan passing dalam bola voli harus dilakukan dengan baik.

Jika pada saat pengambilan bola pertama jelek,Anda tidak mungkin bisa melakukan penyerangan.Walaupun serangan sudah Anda tata dengan rapi.Biasanya tugas pertama pengambilan bola dari lawan adalah libero untuk diberikan kepada tosser.Sedangkan tosser memberikan bola kepada penyerangnya.Untuk jadi seorang tosser haruslah jeli,dia harus bisa membaca situasi dalam pertandingan.Lantas,bagaimana cara memberi umpan dalam permainan bola voli ? Perhatikan dibawah ini .

 Macam-macam Tehnik Memberi Umpan Dalam Permainan Bola Voli

Tehnik Mengumpan Dalam Permainan Bola Voli


1.Cara memberi umpan bola Quick

Dalam mengumpan bola quick,posisi bola harus tepat di depan smasher dengan ketinggian bola kurang lebih 0,5 – 1 meter di atas net.Seorang pengumpan harus bertanggung jawab atas ke akuratan umpan yang diberikan kepada smasher.Timing pemberian bola pada saat smasher telah melayang ke atas di depan pengumpan siap untuk memukul bola.Biasanya passing bola datang,tunggu sebentar sampai smasher meloncat untuk menunggu bola di atas net.

2.Cara memberi umpan bola semi

Perkenaan pada umpan ini posisi bola di atas dahi segaris dengan sumbu badan.Umpan dilakukan dengan arah bola ke atas depan,dengan ketinggian bola kurang lebih 1 -2 meter di atas tepi net.Timing pemberian umpan semi dilakukan bila smasher telah kelihatan bergerak. bila smasher telah kelihatan bergerak melakukan awalan kurang lebih 1 meter dari pengumpan.

3.Cara memberi umpan bola straight

Dorongan bola lebih dominan dibandingkan bola ke atas untuk parabol.Posisi bola di atas net meluncur agak cepat dengan jarak kurang lebih 20 -50 cm dari net.Akhir para bola terletak di atas garis lapangan.Timing pemberian umpan haruslah tepat,pada saat bola telah di depan atas dahi dan smasher telah siap mengambil awalan.

4.Cara memberi umpan bola tinggi dari luar

Umpan diletakkan di sebelah luar kiri lapangan.Posisi ketinggian bola kurang lebih 2 – 3 meter di atas luar net.Pada umpan bola tinggi tanggung jawab smasher untuk bergerak ke atas bola.

Demikianlah tehnik-tehnik mengumpan dalam permainan bola voli.Dalam memberi umpan haruslah tepat dan ada kerjasama yang baik dengan team.Jika memberi umpan tepat,pasti team bola voli kalian akan solid untuk dikalahkan.Jika ada kekurangan silahkan teman-teman untuk menambahkan melalui kolom komentar.Terima kasih.
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Tehnik Memberi Umpan Dalam Permainan Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top