-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 31 Maret 2015

SARANA dan PRASARANA TURNAMEN SEPAK BOLA LENGKAP

Sarana dan Prasarana Turnamen Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu olahraga yang boleh dibilang nomer satu di Dunia.Olahraga ini beda dengan olahraga lain dari segi antusias penonton,luapan emosi saat dilapangan menambah menariknya suatu pertandingan sepak bola.Dalam permainan sepak bola mengutamakan fisik,tehnik,taktik yang jitu untuk memenangkan sebuah turnamen besar.Seorang pelatih yang cerdik bisa menjadi faktor utama penentu dalam memenangi sebuah pertandingan.Salah satu kendala bagi sebuah tim salah satunya di dera cidera pemain utama
itu disebabkan karena benturan yang sangat keras ataupun kurangya pemanasan.Bagaimana mengatasi hal itu? Kemarin Olahraga Pedia sudah menjelaskan tentang Pemanasan Untuk Menunjang Keberhasilan Dalam Bermain Sepak Bola.

Semakin berkembangnya kemajuan sepak bola banyak diadakan turnamen-turnamen besar tingkat Nasional maupun International.Bahkan di kampung sekarang ini banyak mengadakan sebuah Turnamen sepak bola antar desa maupun kecamatan.Untuk mengadakan sebuah turnamen sepak bola besar maupun kecil anda harus menyiapkan sarana dan prasarana.Tanpa itu semua turnamen gak mungkin bisa berjalan.Di bawah ini akan saya jelaskan tentang Sarana dan Prasarana Turnamen Sepak Bola.

sarana dan prasarana turnamen sepak bola

SARANA dan PRASARANA TURNAMEN SEPAK BOLA



1.Lapangan

Lapangan adalah salah satu sarana yang harus disiapkan terlebih dahulu,karena lapangan adalah tempat untuk bertanding sepak bola.Untuk ukuran lapangan sudah ditetapkan dari FIFA.Untuk lebih jelasnya tentang ukuran lapangan yang benar lihat DISINI.

2.Bola

Bentuk bola untuk permainan sepak bola berbentuk bulat dan bahan pembuatannya adalah kulit atau bahan lainnya yang disetujui FIFA.Ukuran bola mempunyai diameter 27 hingga 28 inchi,beratnya antara 14 dan 16 ons. Ukuran bola untuk dewasa sudah ditetapkan secara International sebagai bola ukuran #5.Bola yang lebih kecil ukuran #4 dan #3.

3.Kostum

Kostum yang digunakan adalah kaos olahraga yang berbahan menyerap keringan serta celana pendek,kaos kaki,peindung tulang kering dan sepatu.Dalam sebuah turnamen besar untuk kaos dan celana harus ada nomer dan namanya sedangkan untuk pertandingan persahabatan tidak menggunakan nama.Untuk warna kostum tidak boleh sama agar mudah untuk dibedakan pada saat pertandingan berlangsung.

Untuk kostum seorang kiper harus berbeda menggunakan baju olahraga dan celana pendek maupun panjang.Lapisan berwarna lain pada siku dan pinggul untuk membedakan dari pemain lain dan wasit.Seorang penjaga gawang diwajibkan untuk memakai kaos tangan.
Para pemain tidak diperbolehkan menggunakan pelengkap pakaian lainnya yang dianggap wasit dapat membahayakan pemain lainnya seperti jam tangan,kalung atau bentuk- bentuk perhiasaan lainnya.
4.Wasit

Dalam suatu pertandingan tentunya harus ada wasit resmi yang sudah mempunya sertifikat perwasitan sepak bola.Wasit bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan dan keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.Wait dalam permainan sepak bola ada 3 yaitu satu wasit utama dan yang satunya wasit pembantu.Wasit pembantu bertugas sebagai penjaga garis untuk melihat bola sudah keluar maupun terjadinya offside.

Wasit utama harus dilengkapi dengan jam tangan,koin maupun peluit,Untuk kostum wasit harus berbeda dengan kostum pemain warnanya serba hitam.Dengan tujuan agar pemain mudah membedakan.


5.Petugas Lapangan

Dalam turnamen besar harus ada petugas lapangan yaitu untuk mengamankan jalannya pertandingan.Selain harus ada petugas khusus untuk pergantian pemain.

6.Official

Dalam sebuah team harus ada official karena bertugas untuk menyiapkan pemain dan pergantian pemain.

7.Papan Skor

Papan skor sangatlah penting agar mudah melihat skor kemenangan sebuah team.

8.Panitia

Dalam mengadakan sebuah turnamen besar harus ada panitia yang sudah dibentuk.Setiap panitia mempunyai tugas masing-masing dan harus bertanggung jawab

9.Hadiah

Panitia harus menyiapkan sebuah hadiah baik berupa piala,piagam maupun uang,untuk penghargaan juara 1 ampe 4 atau juga bisa ditambahkan untuk penghargaan pemain terbaik.

Demikianlah Sarana dan Prasarana Turnamen Sepak Bola Lengkap.Dalam mengadakan sebuah turnamen sarana dan prasarana diatas harus dipenuhi.Dan setiap team yang diundang harus datang,kalau sampe tidak datang bisa dianggap WO (kalah sebelum bertanding) selain itu juga dikenakan sanksi berupa teguran keras beserta dendan yang harus dibayarkan.Semoga bermanfaat.Terima Kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar SARANA dan PRASARANA TURNAMEN SEPAK BOLA LENGKAP

Posting Komentar

Back To Top