-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 22 September 2016

Tips Meningkatkan Kekuatan Stamina Pemain Sepak Bola dan Futsal

Olahraga Pedia – Dalam permainan sepak bola hal pertama yang harus anda gembleng adalah fisik untuk meningkatkan stamina anda.Waktu 2 x 45 menit bukanlah waktu yang sebentar ,sangat dibutuhkan fisik yang prima.Memiliki stamina yang bagus harus dimiliki oleh setiap olahragawan tak terkecuali sepak bola.Pemain sepak bola harus memiliki stamina tinggi.Sebagian besar pembaca pasti pernah bermain yang namanya sepak bola maupun futsa.Anda harus lari kedepan untuk melakukan serangan dan kebelakang untuk
bertahan.Aktifitas fisik tersebut tentu sangat menguras stamina anda.

Apabila stamina anda jelek baru bermain 10 menit sudah muka kelihatan pucat,napas ngos-ngosan.Kondisi seperti pasti tidak anda inginkan pas bertanding dalam permainan tersebut.Apabila hal it terjadi tentu kalian akan ditertawakan penonton maupun lawan anda.Keuntungan Apa Seh Jika Pemain Sepak Bola Maupun Futsal Mempunyai Stamina Yang Bagus ?

1.Mempunyai kesempatan lebih besar untuk memenangkan pertandingan ,karena stamina anda mampu untuk bermain tempo tinggi sampai akhir pertandingan.

2.Kesegaran kaki para pemain teta terjaga selama pertandingan

3.Dengan stamina yang bagus kemampuan berfikir yang tajam dan respon yang cepat saat dilapangan .Ingat otak bekerja lebih lambat ketika fisik mulai menurun.

Cara mengoptimalkan stamina pemain sepak bola dan futsal sampai akhir pertandingan

Bagaimana Cara Meningkatkan Stamina ? Ternayata cara terbaik untuk meningkatkan stamina adalah Jogging (lari kecil ).Joging bisa anda lakukan baik dilapangan maupun tempat olahraga seperti Gor maupun Stadion.Setiap orang mampu untuk melakukan aktivitas jogging,namun tidak semua orang melakukan jogging dengan baik.Dibawah ini akan saya berikan Tips Cara Melakukan Jogging Yang Baik dan Benar :

1.Pada saat joging kenakan pakaian yang nyaman.Misalnya anda bisa mengenakan kaos dan bawahan bisa mengenakan training dan celana kolor pendek.Usahakan bahan koas dan celana mudah menyerap keringat.Selain itu anda harus mengenakan sepatu khusus lari.Apabila cuaca lagi angin anda bisa mengenakan jaket.

2.Anda bisa mendengarkan musik melalui hp maupun sejenisnya sambil jogging.Hal ini bertujuan agar anda bersemangat dan menghilangkan rasa malas.

3.Lakuakan pemanasan secara statis dan dinamis sebelum anda mulai melakukan aktivitas jogging.

4.Jangan langsung melakukan jogging dengan temo tinggi,namun lakukanlah dengan pelan-pelan.

5.Setelah kira-kira 300-400 meter mulailah untuk meningkatkan tempo berlari anda.

6.Pada saat jogging lakukanlah olah nafas dengan baik.Yaitu nafas selama 4 langkah dengan hidung dan 4 langkah keluarkan nafas dengan mulut anda.Jika anda belum menguasai tehnik bernapas ini ,sebaiknya latihan terlebih dahulu dengan berjalan

7.Jika anda baru pertama kalinya melakukan jogging,tidak boleh lama-lama.Aturlah tempo maksimal 30-40 menit.

8.Mungkin anda pernah mengalami baru jogging sebentar sudah sangat lelah.Namu kebanyakan orang langsung berhenti.Sebaiknya anda jangan behenti namun segera turunkan tempo jogging anda samapi tingkat terendah.Jika anda memutuskan berhenti maka akan sulit lagi untuk memulainya karena nafas anda sudah terputus.

9.Dalam permainan sepak bola tentu tempo permainan dapat berubah sepanjang waktu mulai dari rendah ,tinggi dan kelebih tinggi.Pada saat anda jogging kedua maupun keberapa kalinya,usahakan untuk melakukan variasi tempo jogging.

10 Lakukanlah lari sprint 100 atau 200 meter diakhr jogging anda.

11.Pada akhir jogging jangan langsung berhenti .Lakukan penurunan tempo perlahan-lahan sejarak 100 meter.Jika sudah anda bisa berjalan kira-kira jarak 100 meter dan setelah itu anda bisa berhenti.

12.Disat berhenti anda bisa duduk dengan menyelonjorkan kedua kaki lurus dan biarkan lemas.Hal ini untuk mengistirahatkan sebentar otot-otot kaki.Selain itu menjaga kaki agar tidak terkena varises.

13.Setelah itu anda bisa melakukan beberapa latihan seperti full-up,sit-up,back-up dll.

Selain melakukan latihan dengan rutin anda juga harus mengkonsumsi makan-makan bergizi dan hindari gaya hidup yang tidak sehat.Dengan begitu stamina anda akan meningkat dari hari ke hari.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Tips Meningkatkan Kekuatan Stamina Pemain Sepak Bola dan Futsal

Posting Komentar

Back To Top