-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Senin, 14 November 2016

3 Macam Stick Billiar Lengkap Dengan Fungsinya

Olahraga Pedia 3 Macam Stick Billiar Lengkap Dengan Fungsinya - Pernah bermain billiar ? Hampir semua orang khususnya laki-laki sangat menyukai permaian billiar.Untuk memainkan permainan ini sangat diperlukan skill ,konsentrasi tinggi  serta sarana dan prasarana agar bermain billiar bisa berjalan dengan lancar.Dalam billiar ada tongkat pemukul yang biasa dikenal dengan cue atau stick.Tongkat pemukul berfungsi untuk memasukkan bola billiar kedalam lubang.

Dalam permainan billiar ada beberapa jenis stick (cue) yang digunakan seperti stick play,stick  jump dan stick break.Setiap jenis stick mempunyai fungsi masing – masing.Untuk itu admin akan menjelaskan secara detail 3 jenis stick (cue) beserta kegunaannya.Perhatikan dibawah ini :

1.Stick Jump

Stik jump digunakan ketika kalian tidak bisa melihat secara langsung kepada bola sasaran atau bola sasaran tertutup bola lain sehingga kalian tidak dapat memukul bola sasaran secara langsung. Kalian bisa saja melakukan pukulan ke ban/cushion terlebih dahulu, setelah itu baru bola putih akan mengenai bola sasaran. Namun, kalau kalian memiliki stik jump, kalian bisa memukul bola putih melompati bola yang menghalangi bola sasaran, lalu langsung mengenai bola sasaran.

Stik ini lebih pendek dari stik lainnya. Karena, saat kalian akan melakukan pukulan jump, kalian harus memiringkan stik minimal 45 derajat dan sulit apabila menggunakan stik yang panjangnya sama dengan stik play dan break. Oleh karena itu, stik jump di desain pendek dan lebih ringan, tetapi dengan power yang besar tentunya. Stik ini tidak wajib kalian miliki. Karena, masih ada alternatif lain, yakni kalian melakukan pukulan ke ban/cushion terlebih dahulu.

3 Jenis Stick Billiar Lengkap Dengan Kegunaannya

2.Stick Break

Stik break digunakan ketika awal kalian bermain untuk melakukan break atau memecahkan bola yang sudah disusun sebelum mulai permainan. Stik ini tidak sepenting stik play untuk kalian yang baru terjun ke dunia billiard. Namun, ada baiknya kalian juga memiliki stik ini. Berbeda dengan stik play, stik ini biasanya memiliki diameter yang lebih besar. Selain itu, power yang dimiliki stik ini pun lebih besar dari stik play biasanya. Karena, pada saat kita melakukan break, power yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga, harus didukung dengan stik yang memiliki power yang besar juga. Saya menggunakan stik custom untuk stik break .

3.Stick Play

Stik play ini adalah stik yang harus dimiliki ketika kalian semua mau mulai serius di dunia billiard. Stik ini digunakan untuk bermain billiar pada umumhya. Stik inilah yang digunakan untuk menghabiskan bola di meja. Merk stik saya yang nomor 2 tersebut adalah Fury tipe DL. Namun, stik tersebut sudah saya modifikasi dan di setting serta di balancing pada salah satu tempat pembuatan stik di jogja. Selain itu, stik tersebut juga sudah saya cat ulang. Karakter stik andalan saya tersebut adalah sedikit kaku (low deflection) dan memiliki power yang standard, tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kencang. Nah, untuk yang nomor 1 dan nomor 3 itu adalah stik cadangan saya. Yang nomor 1 itu stik custom di Jogja juga, untuk yang nomor 3 merknya adalah black widow.

Mungkin Anda Membutuhkan Ini : Harga Cue Stick Billiar McDermott dan Cue Stick Mezz

Sebenarnya, tidak terlalu penting apa merk stik kalian, berapa berat stik kalian, dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah kalian harus tahu karakter stik kalian seperti apa, lalu kalian menyocokan karakter main kalian dengan karakter stik kalian. Kalian harus benar-benar tahu betul karakter stik kalian. Karena, karakter setiap stik selalu berbeda. Ada yang memiliki power yang besar, ada juga yang memiliki power yang kecil. Ukuran diameter dari stik pun terkadang berbeda, namun tidak terlalu jauh perbedaannya. Ketika kalian tidak tahu betul karakter stik kalian seperti apa, maka dapat dipastikan kalian tidak akan dapat bermain dengan maksimal dan sempurna. Karena, dalam billiard stik tersebut adalah nyawa kalian ketika turun ke meja billiard.

Nah, itulah 3 jenis stick billir dan kegunaannya. Sekarang, kalian sudah bisa mengerti kan kenapa saya punya lebih dari satu stik ? Karena memang kegunaannya yang berbeda-beda. Untuk stik play, saya punya 3 karena terkadang ketika saya sedang kurang klop dengan salah satu stik, saya bisa menggunakan stik lainnya. Tetapi, punya 1 saja sudah cukup kok. Yang penting kalian tahu karakter stik kalian saja. Kalau kalian mau beli stik, pastikan beli stik play dulu ya baru stik break dan jump. Karena, stik play yang paling penting untuk dimiliki.

Sumber :dimaz-naufal.blogspot.co.id
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 3 Macam Stick Billiar Lengkap Dengan Fungsinya

Posting Komentar

Back To Top