-->

OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Minggu, 16 Oktober 2016

44 Istilah Kata yang Digunakan Dalam Permainan Billiard dan Snooker

Olahraga Pedia – Billiard adalah permainan yang kompleks membutuhkan konsetrasi yang tinggi dan skil yang bagus.Dalam olahraga permainan billiar dibagi beberapa jenis permainan seperti permainan billiard bola 8 ,bola 9 ,one pocket dll.Mungkin bagi anda yang sudah gemar bermain billiard tentu tidak asing dengan permainan tersebut,namun sebaliknya bagi para pemula pasti masih bingung tentang permainan tersebut.

Selain itu didalam permainan billiard pool dan snooker setiap kondisi bola di istilahkan dengan kata-kata yang mungkin membuat anda bingung maksud dari kata tersebut.Misalnya Ball in hald,Free ball,snook,head string dll.Untuk itu admin akan membantu kalian semua untuk memahami maksud dari istilah kata dalam permainan billiard.

1. Inning

giliran seorang pemain melakukan pukulan

2. Call Shot

apabila pemain harus menyebutkan bola sasaran yang dituju dan lubang yang dituju untuk memasukkan bola

3. Snook

istilah ini populer dikalangan pebiliar indonesia apabila bola sasaran terhadang bola lain, sehingga tidak bisa dipukul langsung.

4. Head String

garis imeginer yang menghubungakan diamondatau titik-titik yang berseberangan pada bagian tepimeja billiard pool, 7,8 atau 9 feet.

5. Time Out

waktu istirahat saat pertandingan berlangsung, biasanya pada score tertentu, pemain diperkenankan untuk berhenti dan beristirahat selama beberapa menit sesuai ketentuan panitia atau tournament director.

6. Golden Break

Istilah dalam permainan bola 9, apabilapada saat break, bola 9 langsung masuk kedalam lubang dan memberikan point kemenangan kepada si pemain yang melakukan pukulan break, biasa juga disebut Ace break.

7. Missed

apabila dalam permainan bola 8 atau bola 10 dimana pemain harus melakukan call shot dan terjadi kesalahanbola yang masuk ke lubang, bukan bola yang dituju, pemain kehilangan giliran memukul namun tidak memberikan ball in handpada lawannya, cue ball tidak dipindahkan, dan pemain lawan yang melanjutkan giliran

8. Ball in Hand

pemain bebas meletakkan bola putih dimana saja untuk melakukan pukulan, biasanya terjadi setelah pemain lawan melakukan foul

9. Free Ball

pemain bebas memukul bola sasaran yang mana saja, namun posisi bola putih belum tentu bisa diletakkan bebas, harus sesuai aturan permainan, biasanya terjadi pada saat foul pada pukulan break di bola 8, pemain bebas memukul bola sasaran yang dipilihnya namun cue ball harus dibawah string diamond kedua arah break dilakukan.

10. Stratch

apabila cue ball secara tidak sengaja masuk kedalam lubang pada saat melakukan pukulan, mengakibatkan foul dan keuntungan bagi lawanyang mendapat ball in hand atau free ball.

11. Push Out

terkadang disebut shoot out, artinya memukul cue ball secara bebas tanpa menyebabkan foul, meski tidak mengenal bola sasaran atau bahkan mengenai bola lain atau tidak mengenai bola apapun, pukulan ini bisa dilakukan pada saat setelah break dalam permainan bola 9 apabila posisi bola sasaran sulit.

12. CUE

Adalah tongkat atau stik yang di gunakan sebagai alat penyodok bola dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu atau serat komposit dalam berbagai motif corak dan bentuk.

13. CUE BALL

Adalah bola billiard yang digunakan sebagai bola utama atau bola yang berfungsi sebagai media penghubung antara stik billiard dengan object ball / bola target.

14. OBJECT BALL / POOL BALL

Adalah bola biliard yang menjadi target singgungan dari cue ball untuk diarahkan ke posisi tertentu atau dimasukan ke dalam pocket sebagai tujuan permainan.

15. POCKET

Adalah kantung pada meja billiar yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola billiard,pocket pada meja billiard berjumlah enam buah ( 3 buah pada tiap sisinya ) dengan ukuran kurang lebih dua kali diameter bola biliard .

16. CHALK

Adalah perlengkapan yang dipakai untuk melapisi bagian atas (tip) dari stik biliard yang berfungsi agar tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball (missed cue).

17. MISSED CUE


adalah situasi stik billiar terpeleset pada saat melakukan sodokan terhadap cue ball, Karena terpeleset, maka bola sasarannya akan meleset juga atau tidak sesuai yang kita inginkan.

18. SCRATCH

Adalah situasi pada saat cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch merupakan foul/kesalahan dalam permainan biliar.

19. SAFETY SHOT

Adalah trik yang dilakukan untuk tujuan bertahan dalam permainan billiard yang dilakukan dengan cara menempatkan bola target/pool ball pemain lawan pada posisi tertentu agar pemain lawan tidak memiliki kesempatan posisi bola yang terbuka.

20. BACK SPIN

Adalah situasi saat cue ball yang putaranya berbalik arah, hal ini terjadi karena sodokan stik billiard yang mengenai daerah bagian bawah cue ball. Putaran balik inilah yang akan membuat cue ball kembali ke area semula setelah bersinggungan dengan bola sasaran.

21. DRAW SHOT

Adalah teknik sodokan stik biliard pada cue ball yang menghasilkan efek back spin.

22. ENGLISH SHOT

Adalah teknik sodokan stik bilyar pada cue ball untuk menghasilkan efek spin samping/memutar pada cue ball dan bola target.Teknik ini dilakukan dengan cara menyodok bagian sisi kiri atau kanan dari cue ball, di Indonesia lebih sering digunakan istilah efek.

23. FOLLOW THROUGH SHOT

Adalah teknik sodokan dengan menggunakan ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan ini akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang menghasilkan efek cue ball akan terus bergulir maju setelah mengenai bola sasaran.

24. Above

Dalam snooker adalah posisi cue ball di atas object ball.

25. Back cut

Sebuah cut shot di mana bila sebuah garis ditarik dari cue ball ke rail secara siku-siku, object ball berada di luar garis itu.

26. Carom

Carom mulai digunakan pada tahun 1860-an dan merupakan singkatan dari carambola, yaitu bola merah yang digunakan dalam banyak permainan biliar.

27. the "D"

Sebuah setengah lingkaran dengan jari-jari 11-1/2″, ditarik di belakang baulk line, berpusat di tengah garis itu, dan menyerupai bentuk huruf "D".

28. Extension

Alat mekanis untuk mencapai cue ball, biasanya ditambahkan di ujung butt. Extension digunakan dalam pool, namun lebih sering dalam snooker karena ukuran meja yang lebih besar.

29. Follow shot

Tembakan di mana cue ball dikenai di atas equator dengan topspin yang menyebabkan bola itu masih maju setelah menyentuh object ball.

30.Game ball

Bola yang diperlukan untuk memenangkan sebuah rack. Dalam snooker disebut frame ball.

31. Half-century

Dalam snooker, sebuah break dengan angka 50–99 (100 angka atau lebih disebut century).

32. Jack up

Menaikkan ujung belakang cue dalam sebuah shot.

33. Kill shot

Tembakan yang dimaksudkan untuk "membunuh" kecepatan cue ball sebanyak mungkin setelah menyentuh
object ball.

34. Leave

Posisi cue ball setelah sebuah tembakan.

35. Mechanical bridge

Sebuah batang khusus yang membantu mengarahkan cue stick. Biasanya hanya digunakan bila tembakan tidak dapat dicapai dengan hand bridge.

36. Natural

Dalam pocket billiard, tembakan mudah yang tidak memerlukan english atau topspin.

37. On the hill

Pemain yang hanya perlu memenangkan satu pertandingan lagi untuk menang.

38. Package

Permainan berturut-turut yang dimenangkan tanpa memberi kesempatan lawan bermain.

39. Rat in

Memasukkan bola dengan keberuntungan.

40. Sandbag

Bermain dengan menyembunyikan kemampuan sendiri, misalnya menggunakan lemonade stroke, secara sengaja kalah. Digunakan dalam hustling.

41. Tangent line

Garis khayal tegak lurus dari impact line antara cue ball dan object ball. Cue ball akan bergerak menurut garis ini setelah menyentuh object ball bila tidak diberi vertical spin.

42. Undercut

 Menembak cue ball dengan cut angle terlalu kecil.

43. Wired

Bila dua bola hampir frozen dan terletak di dekat sebuah lubang sehingga bila salah satu disentuh maka bola kedua akan masuk tanpa kesulitan.

44. Yellow pocket

Dalam snooker, pocket yang paling dekat dengan yellow spot.

Demikianlah Daftar Istilah Kata Dalam Permainan Billiard Poll dan Snoker.Semoga dengan adanya istilah kata diatas dapat menambah wawasan anda dalam permainan billiard.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 44 Istilah Kata yang Digunakan Dalam Permainan Billiard dan Snooker

Posting Komentar

Back To Top